Begini cara mengembalikan layar ponsel cerdas Android yang hitam putih menjadi normal kembali

Begini cara mengembalikan layar ponsel cerdas Android yang hitam putih menjadi normal kembali

Techno.id - Saat ini sejumlah ponsel cerdas dikenal dengan tampilan yang mengesankan. Tidak sedikit yang dibekali layar AMOLED 2K yang sangat besar dengan kecepatan refresh 120 Hz sehingga membuatnya layak untuk tidak hanya konsumsi media, tetapi juga bermain game.

Terlepas dari seberapa kuat prosesornya, atau seberapa cepat baterai dapat terisi daya, tampilan yang baik adalah salah satu fitur terpenting yang perlu kamu cari sebelum membeli ponsel Android.

Namun jika tiba-tiba kamu melihat layar ponsel menjadi hitam-putih, jangan keburu panik. Kondisi ini memang bisa mengganggu sekaligus menakutkan. Tetapi tidak ada alasan untuk khawatir. Kecuali jika kamu menjatuhkan ponsel tersebut atau merusaknya.

Tampilan ponsel yang hitam putih biasanya tidak berasal dari kerusakan perangkat keras apa pun. Kemungkinan besar merupakan fitur perangkat lunak yang diaktifkan secara tidak sengaja. Dalam artikel ini, Techno.id menggunakan contoh kasus yang terjadi pada smartphone Samsung Galaxyuntukmetode pengaturannya. Mungkin terdapat perbedaan menu pengaturan pada sejumlah ponsel cerdas Android lain.

Cara memperbaiki tampilan ponsel hitam putih

Begini cara mengembalikan layar ponsel cerdas Android yang hitam putih menjadi normal kembali foto: freepik/eyeem

Layar ponsel yang lebih besar bisa berbahaya bagi mata. Itulah sebabnya fitur seperti mode skala abu-abu diperkenalkan di ponsel cerdas. Saat diaktifkan, mode ini mengubah semua yang ada di layar menjadi hitam putih, dengan kontras yang bervariasi sehingga kamu tetap dapat membedakan beberapa detail.

Jika kamu sering menggunakan ponsel untuk membaca, menggunakan filter cahaya hitam putih atau biru dapat membantu mengurangi ketegangan mata.Beberapa produsen smartphone menerapkan fitur ini dengan dua cara, melalui mode tidur, dan sebagai opsi aksesibilitas.

Yang pertama membantu mencegah ketegangan mata tepat sebelum kamu tidur dan merupakan fitur yang bekerja sesuai jadwal otomatis. Untuk menonaktifkan sakelar ini, luncurkan aplikasi Pengaturan, navigasikan ke Mode dan Rutinitas > Tidur, lalu ketuk Matikan.

Untuk orang dengan gangguan penglihatan atau gangguan terkait mata lainnya, ponsel dan tablet memiliki fitur aksesibilitas yang dapat mengubah tampilan menjadi hitam putih. Untuk memeriksanya, navigasikan ke Pengaturan > Aksesibilitas > Peningkatan penglihatan > Penyesuaian warna > Koreksi warna, lalu matikan sakelar ini.

Meskipun bukan hal yang sama, mode gelap juga dapat mengubah warna sistem secara signifikan. Kamu dapat menonaktifkannya dengan menuju ke bagian Tampilan di aplikasi Pengaturan dan memilih mode Terang.Jika tidak satu pun dari perubahan ini memperbaiki masalah, pastikan kamu tidak memiliki aplikasi pihak ketiga yang dapat menyebabkan layar ponsel menjadi hitam putih.

(brl/red)