Begini cara melakukan panggilan audio dan video di aplikasi X

Begini cara melakukan panggilan audio dan video di aplikasi X

Techno.id - Baru-baru ini, X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) memperkenalkan opsi untuk melakukan panggilan audio dan video gratis untuk semua penggunanya. Fitur ini sebelumnya tersedia untuk pelanggan premium yang menikmati banyak fitur lanjutan lainnya.

Pengenalan panggilan audio dan video ke pengguna umum telah menempatkan X bersaing langsung dengan platform sosial popular lainnya seperti Instagram dan Facebook, yang sudah menawarkan opsi ini lebih dulu. Saat ini, fitur panggilan audio dan video X hanya tersedia untuk aplikasi Android dan iOS, bukan situs web.

Sebelum mencoba menelepon, kamu perlu mengetahui beberapa hal mendasar. Hal terpenting yang perlu diketahui adalah pengaturan pesan langsung (direct message/DM), yaitu bagaimana mengontrol siapa yang dapat menelepon kamu.

Secara default, semua akun yang kamu ikuti dan siapa pun di buku alamat kamu dapat memulai panggilan. Namun, kamu tidak dapat memulai panggilan kecuali telah mengirim setidaknya satu pesan langsung terlebih dahulu.

Panggilan video di X saat ini cukup mendasar dan tidak memiliki fitur tambahan seperti efek AR Facebook Messenger untuk video dan ruangan. Juga, sampai sekarang, tidak ada panggilan grup atau fitur berbagi layar seperti WhatsApp.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan panggilan audio dan video di X

Begini cara melakukan panggilan audio dan video di aplikasi X foto: techno.id/yani andriyansyah

Untuk melakukan panggilan audio atau video di X, ikuti langkah-langkah berikut di perangkat Android atau iOS.

1. Di perangkat kamu, luncurkan aplikasi X dengan mengetuk ikonnya.

2. Beralih ke bagian Direct Message dengan menekan ikon amplop di kanan bawah.

3. Sekarang pilih percakapan DM yang ada atau mulai yang baru.

4. Setelah berada di dalam percakapan, ketuk ikon telepon di kanan atas dan pilih salah satu opsi panggilan audio atau video.

5. Itu saja. Orang lain akan mendapatkan pemberitahuan di perangkat mereka tentang panggilan kamu.

Secara default, fitur ini diaktifkan saat kamu memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Namun, kamu dapat menonaktifkan panggilan audio dan video X sama sekali jika tidak menginginkan fitur ini. Caranya juga cukup mudah.

1. Luncurkan aplikasi X.

2. Beralih ke bagian Pesan Langsung.

3. Ketuk ikon Pengaturan di kanan atas.

4. Cari opsi Aktifkan Panggilan Audio dan Video.

5. Alihkan tombol di sebelahnya untuk mematikan fitur.

Selanjutnya, aplikasi X juga memungkinkan kamu mengontrol siapa yang dapat memulai panggilan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menonaktifkan fitur tersebut sama sekali. Di bawah Pengaturan Pesan Langsung, cari opsi Izinkan Panggilan Audio dan Video dari dan centang orang yang ingin kamu izinkan. Orang di buku alamat kamu, Orang yang kamu ikuti, Pengguna terverifikasi, atau Semua Orang.

(brl/red)