5 Update fitur baru di WhatsApp, pengguna bisa gunakan link WA call

5 Update fitur baru di WhatsApp, pengguna bisa gunakan link WA call

Techno.id - WhatsApp menjadi platform untuk berkomunikasi secara online yang diandalkan banyak pengguna gadget masa kini. Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa melakukan chatting, panggilan telepon, bahkan berkirim file secara mudah.

WhatsApp yang kini dikembangakan oleh Meta cukup rajin mengeluarkan update fitur baru. Hal tersebut dilakukan agar pemilik akun tetap nyaman ketika menggunakan WhatsApp. Bahkan dengan adanya pemutakhiran aplikasi, pengguna bisa merasakan sensasi berkomunikasi lebih seru.

Terbaru WhatsApp memberikan 5 update fitur baru untuk pengguna. Lalu apa saja yang pembaharuan yang diberikan oleh Meta? Kali ini techno.id pada Selasa (18/10), akan memberikan update fitur WhatsApp yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Berbagi link WhatsApp Call.

5 Update fitur baru di WhatsApp, pengguna bisa gunakan link WA call

foto: faq.whatsapp.com

Pengguna bisa memberikan link untuk melakukan panggilan di WhatsApp. Selayaknya Zoom atau G-Meet, nantinya penerima akan diberikan link agar dapat terhubung dalam panggilan. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa mengikuti langkah berikut ini:

- Silakan klik tab "Call" di dalam WhatsApp.
- Kemudian klik menu "Crate call link" untuk membuat link WhatsApp Call.
- Pilih tipe panggilan video atau suara.
- Pilih opsi Share Link, atau copy link untuk membagikan tautan panggilan WhatsApp ke ruang obrolan WhatsApp.
- Sebagai catatan, WhatsApp call dapat kadaluarsa apabila tidak digunakan.

2. Reaksi status.

5 Update fitur baru di WhatsApp, pengguna bisa gunakan link WA call

foto: techno.id/ Adnan

WhatsApp memberikan pembaharuan dengan dapat mengirimkan reaksi status. Layaknya platform Instagram, ketika terdapat status yang dilihat, pengguna bisa memberikan reaksi dengan emoji. Meta memberikan pilihan emoji lebih banyak dibandingkan Instagram. Untuk penggunaannya, silakan usap status yang dilihat ke atas, kemudian pilih salah satu emoji.

3. Batal hapus pesan.

5 Update fitur baru di WhatsApp, pengguna bisa gunakan link WA call

foto: wabetainfo.com

WhatsApp memberikan upgrade fitur hapus pesan. Nantinya pengguna dapat melakukan undo atau batal hapus pesan. Artinya pesan yang telah terhapus bisa dibatalkan, sehingga dapat muncul kembali. Untuk sistemnya, apabila pengguna menghapus pesan akan ada tanda opsi undo yang disediakan. Setelah mengetuk opsi tersebut, secara otomatis pesan terhapus akan ditampilkan kembali oleh sistem. Hal ini bertujuan untuk memberikan kejelasan, atau salah hapus pengguna ketika chatting berlangsung.

4. Admin dapat mengetahui peserta grup yang keluar.

Seperti diketahui bersama, WhatsApp memberikan fitur agar pengguna dapat keluar grup secara diam-diam. Namun pada update terbarunya, admin bisa mengetahui siapa yang telah keluar dari grup. Maka dapat dikatakan, admin tetap menjadi pengendali penuh atas grup yang dibuat. Meski demikian, peserta lain tidak dapat mengetahui siapa saja yang telah left dari grup.

5. Admin dapat hapus pesan peserta grup.

5 Update fitur baru di WhatsApp, pengguna bisa gunakan link WA call

foto: wabetainfo.com

WhatsApp memberikan fitur baru yaitu Admin Delete. Fitur ini memungkinkan admin dapat menghapus pesan yang dikirim anggota di dalam grup. Fitur ini sangat berguna untuk admin melakukan memoderasi, dan mengelola obrolan di grup. Untuk cara penggunaannya cukup mudah. Admin hanya perlu menekan lama chat yang ingin dihapus. Kemudian pilih opsi hapus untuk semua orang. Nantinya pesan yang dihapus akan memberikan informasi bahwa pesan telah terhapus oleh admin.

Itulah beberapa fitur baru yang ada di WhatsApp. Pembaharuan aplikasi ini oleh developer akan disalurkan secara bertahap. Bagi pengguna yang belum bisa merasakan fitur baru WhatsApp, dapat melakukan update aplikasi di Play Store atau App Store. Jika update aplikasi belum berhasil, silakan menunggu hingga terdapat update dari WhatsApp.


(brl/guf)