Aplikasi Pendeteksi Kanker Hanya Omong Kosong

Aplikasi Pendeteksi Kanker Hanya Omong Kosong

Techno.id - Pernah mendengar aplikasi smartphone yang dapat mendeteksi kanker? Jika iya, jangan pernah percaya lagi, karena FTC (Federal Trade Commission) telah memberikan pengumuman terkait aplikasi ini, karena dianggap hanya omong kosong dan tidak berdasarkan ilmu pengetahuan, seperti dilansir oleh Gizmodo.com (02/03/15).

Aplikasi seperti MelApp dan Mole Detective, kedua aplikasi ini mengklaim dapat membantu untuk mendeteksi gejala melanoma, bahkan dalam tahap awal. Cara kerja dari kedua aplikasi ini sangat sederhana, dengan mengambil gambar bercak di kulit seperti tahi lalat, Setelah itu akan terdeteksi dan memberikan informasi melanoma dan tahap seberapa parah melanoma yang diderita.

Hal ini diyakinkan dengan materi pemasaran yang mengatakan bahwa mereka menggunakan basis pengenalan gambar menggunakan algoritma matematika dan teknologi ini juga telah dipatenkan. Namun, sekali lagi FTC sama sekali tidak mendapatkan bukti dan dasar dari materi pemasaran kedua aplikasi ini.

Karena kurangnya bukti, FTC memberikan denda pada pembuat aplikasi ini sebesar Rp250 jutaan perkasusnya dan menarik aplikasi ini dari peredaran. Ini memberikan pelajaran bahwa jangan terlalu bergantung pada aplikasi di smartphone, ada beberapa hal yang memang tidak bisa dilakukan oleh perangkat pintar ini.

(brl/red)