8 Tips untuk membuat masa pakai baterai perangkat Android lebih tahan lama

8 Tips untuk membuat masa pakai baterai perangkat Android lebih tahan lama

Techno.id - Bagi pengguna smartphone, begitu melihat indikator baterai di pojok kanan atas layar berwarna merah, mungkin akan menjadi bencana. Apalagi saat benar-benar membutuhkan smartphone, tetapi tidak bisa menemukan sumber daya listrik atau membawa power bank untuk mengisi daya.

Kondisi ini membuktikan bahwa baterai memiliki masa pakai yang tidak selalu dalam kondisi prima selamanya. Namun kabar baiknya, dengan menyesuaikan beberapa pengaturan sederhana pada perangkat dan kebiasaan pribadi, kamu dapat mengurangi seberapa sering perlu mengisi daya, sekaligus memperpanjang masa pakai baterai dalam jangka panjang. Berikut beberapa tips yang hatrus kamu coba.

1. Kurangi kecerahan layar

8 Tips untuk membuat masa pakai baterai perangkat Android lebih tahan lama foto: freepik

Salah satu penguras baterai smartphone terbesar adalah lampu latar layar. Menurunkan kecerahan layar dapat menghemat baterai dalam jangka pendek, tetapi juga membantu mengurangi keausan pada masa pakai baterai secara keseluruhan. Selain itu coba ubah latar belakang dan screensaver menjadi warna hitam atau lebih gelap. Karena gambar yang lebih cerah dan lebih berwarna membutuhkan lebih banyak daya dari lampu latar.

2. Matikan ponsel di malam hari

8 Tips untuk membuat masa pakai baterai perangkat Android lebih tahan lama foto: freepik/bilahata

Ini adalah ide sederhana, tetapi mungkin sulit bagi banyak orang. Salah satu cara terbaik untuk menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai adalah dengan sesekali tidak menggunakannya selama satu malam.

Coba ini hanya sekali seminggu dan itu bisa membuat perbedaan. Ini akan membantu mengurangi emisi karbon dari pusat data dan memperpanjang masa pakai baterai di ponsel kamu.

3. Jangan biarkan ponsel terisi daya setelah penuh

8 Tips untuk membuat masa pakai baterai perangkat Android lebih tahan lama foto: freepik/vlarvix

Ini adalah salah satu pengurasan energi yang paling umum dan alasan besar mengapa masa pakai baterai ponsel habis lebih awal dari yang diperkirakan.

Baterai lithium-ion paling baik diisi dayanya 50-80%, jadi jika kamu mengisi daya ponsel dalam semalam, itu dapat menyebabkannya terisi antara 99% dan 100%. Jadi, mengisi daya dalam waktu singkat sepanjang hari mungkin merupakan cara terbaik untuk menghemat masa pakai baterai .

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi kerusakan pada baterai adalah menggunakan lebih sedikit energi adalah dengan mengisi daya ponsel di malam hari, sebelum tidur.

4. Gunakan mode penerbangan

8 Tips untuk membuat masa pakai baterai perangkat Android lebih tahan lama foto: freepik/tete_escape

Mode Penerbangan pada dasarnya menghentikan ponsel terhubung ke jaringan selular. Cara ini akan memblokir perangkat melakukan dan menerima panggilan, SMS, dan data selular. Jadi, jika ada waktu-waktu tertentu dalam sehari ketika kamu berencana tidak menggunakan ponsel, mengaktifkan Mode Penerbangan dapat menghemat baterai.

(brl/red)