8 Tips merekam video dengan smartphone, maksimalkan fitur kamera di ponsel

8 Tips merekam video dengan smartphone, maksimalkan fitur kamera di ponsel

Techno.id - Dulu untuk merekam video dibutuhkan kamera profesional. Tapi sekarang, cukup menggunakan smartphone kamu sudah bisa mengabadikan setiap momen untuk dijadikan konten video.

Dengan sedikit latihan kamu sudah bisa membuat rekaman yang bagus baik untuk vlogging atau bahkan membuat film indie dan dokumenter hanya dengan menggunakan ponsel cerdas. Berikut delapan tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat video yang bagus cuma dengan smartphone.

1. Ambil gambar dengan mode lanskap

8 Tips merekam video dengan smartphone, maksimalkan fitur kamera di ponsel foto:unsplash/noiseporn

Untuk membuat video, sebaiknya kamu mengambil gambar dengan mode lansekap. Sebab, ketika menggunakan mode vertikal (potret), maka hasil video saat diposting akan memiliki dua bidang hitam di sisi video.

Mode lanskap tidak hanya membuat video kamu tampak lebih estetis secara umum, tetapi juga akan membuatnya lebih menarik untuk ditonton saat dilihat di monitor, tablet, atau ponsel yang dipegang dalam bentuk lanskap. Kecuali jika kamu memang berniat membuat video, khusus untuk layanan yang berorientasi vertikal seperti TikTok, YouTube Short atau Instagram Stories.

2. Framing

Sebagian besar aplikasi kamera ponsel memiliki opsi untuk mengaktifkan garis kisi. Alat pembingkaian yang paling popular adalah aturan sepertiga. Jadi jika kamu mengaktifkan kisi-kisi 3x3 pada aplikasi kamera, kamu bisa mensejajarkan subjek dengan salah satu garis vertikal atau horizontal untuk mendapatkan garis cakrawala pada posisi yang diinginkan.

Bermainlah dengan bidikan lebar, bidikan potret, dan bidikan close-up. Bidikan yang lebih lebar sangat bagus untuk menetapkan pemandangan dan menempatkan subjek, sedangkan bidikan yang lebih dekat bagus untuk menyampaikan emosi, atau menunjukkan detail yang lebih halus.

3. Zoom

8 Tips merekam video dengan smartphone, maksimalkan fitur kamera di ponsel foto: freepik

Saat ini banyak smartphone hadir dengan zoom lossless atau optik yang memungkinkan pengguna memperbesar objek tanpa kehilangan banyak detail. Untuk memperbesar saat merekam video tanpa kehilangan kualitas yang tajam dan jelas, kamu memerlukan perangkat yang menawarkan zoom optik yang layak. Jika kamu memiliki smartphone dengan lebih dari satu kamera di bagian belakang, sering kali salah satu lensa tambahan adalah lensa telefoto.

Jika tidak memiliki smartphone dengan zoom lossless, kamu harus lebih dekat dengan subjek atau menggunakan aksesori seperti lensa clip-on. Secara umum, kamu harus selalu berada sedekat mungkin, khususnya untuk bidikan wajah.

4. Pencahayaan

8 Tips merekam video dengan smartphone, maksimalkan fitur kamera di ponsel foto:unsplash/priscilla du preez

Ponsel cerdas dilengkapi lampu LED kecil yang terlalu terang dan dapat dengan mudah mengubah temperatur warna foto. Selain itu, video yang dihasilkan juga sering kali masih memiliki pencahayaan yang buruk.

Jika ingin merekam foto atau video di malam hari, kamu harus mencari sumber cahaya lain. Jika ponsel kamu memiliki mode malam untuk pemotretan, maka mode tersebut dapat digunakan. Untuk video, tidak banyak ponsel yang dapat merekam video dengan baik dalam kondisi minim cahaya.

Jika menginginkan atau membutuhkan pencahayaan, kamu bisa menggunakan lampu tambahan. Saat ini banyak panel LED bertenaga baterai kecil. Lampu ini akan memberi tampilan yang jauh lebih bagus, dengan bayangan yang lebih lembut daripada lampu kilat LED pada ponsel.

(brl/red)