7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman

7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman

Techno.id - Privasi online menjadi perhatian besar saat ini. Karena beberapa alasan, pengguna media sosial seperti Instagram memilih untuk mem-privasi akun mereka. Maklum, kini semakin banyak pelanggaran data, penipuan phishing, pencurian identitas, dan penguntitan online.

Aplikasi besar seperti Instagram pun tidak kebal terhadap peretas atau pelanggaran data. Itulah sebabnya pengguna harus memahami apa yang tersedia untuk meningkatkan keamanan dan privasi profil mereka.

Mengapa privasi Instagram penting?

Pengguna Instagram menghadapi ancaman privasi di berbagai bidang. Ada perhatian umum dalam mengelola profil yang dapat diakses publik, tetapi ada juga kekuatan yang berperan di belakang layar, seperti server iklan pihak ketiga, bot, dan peretas potensial.

Pemikiran untuk menjaga privasi di era digital bisa menjadi luar biasa, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, ada tekanan yang meningkat, terutama dari badan pemerintahan terhadap perusahaan seperti Meta untuk melindungi pengguna. Tekanan ini telah mendorong tindakan, dan ada banyak pengaturan yang tersedia untuk meningkatkan upaya privasi. Pengguna memiliki pilihan.

Berikut adalah delapan pengaturan yang sangat berguna yang dapat kamu akses untuk meningkatkan privasi dari berbagai sudut. Kamu dapat melakukannya melalui situs web Instagram atau melalui aplikasi di ponsel atau tablet.

1. Jadikan profil kamu pribadi (private)

7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman foto: freepik/eyeem

Tentu, menyiapkan profil pribadi adalah langkah yang jelas untuk diambil, tetapi ini adalah hal termudah dan paling efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol siapa yang melihat akun kamu. Dengan beralih ke akun pribadi, hanya akun yang kamu izinkan untuk diikuti yang dapat kamu lihat, komentari, dan berinteraksi dengan postingan dan cerita kamu.

Untuk menjadikan akun kamu pribadi, buka profil Instagram, klik tiga titik, buka Pengaturan dan Aktivitas > Privasi Akun. Kemudian, alihkan opsi untuk menjadikan akun kamu pribadi.

2. Memblokir atau membatasi pengguna, postingan, dan komentar

7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman foto: freepik/wasanchy

Instagram memungkinkan kamu memblokir pengguna individual. Untuk melakukannya, buka profil mereka dan klik tiga titik di sudut kanan atas. Kamu akan melihat opsi ini dalam huruf merah di bagian atas daftar. BlokBatasiLaporkan.

Untuk memblokir pengguna, cukup tekan tombol, dan mereka tidak lagi dapat berinteraksi dengan profil kamu. Namun, kamu juga dapat menggunakan fungsi batasi untuk mencegah pengguna hanya menjalankan fungsi tertentu, seperti mengomentari kiriman kamu atau mengirimi kamu pesan.

Terakhir, opsi Laporkan memungkinkan kamu untuk membuat draf pesan yang sepenuhnya anonim ke Meta untuk melaporkan pelanggaran kekayaan intelektual, pelecehan, atau perilaku berbahaya.

3. Perbarui pengaturan cerita

7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman foto: freepik

Jika kamu salah satu yang memposting cerita, mungkin ada saat-saat kamu ingin membagikan sesuatu tetapi tidak ingin membagikannya kepada semua orang. Saat kamu membuat cerita, maka kamu dapat mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas, lalu tekan Cerita. Di sini, kamu dapat memilih dari berbagai pengaturan privasi.

Daftar teman dekat memungkinkan kamu memposting cerita yang hanya dapat dilihat sekelompok pengikut yang dipilih. Kamu juga dapat membuat daftar pengikut yang ingin kamu sembunyikan dari cerita kamu dan mengontrol apakah kamu mengizinkan orang membalas cerita kamu atau tidak.

4. Hentikan berbagi lokasi

7 Pengaturan privasi Instagram yang harus diubah untuk menjaga akun dan data kamu tetap aman foto: freepik

Untuk yang satu ini, kamu harus keluar dari aplikasi Instagram di iPhone atau Android. Mematikan berbagi lokasi itu penting karena, sampai batas tertentu, Instagram melacak di mana kamu berada, dan menggunakan data ini untuk menayangkan iklan bertarget dan membuat halaman Four You yang dipersonalisasi.

Namun, jika kamu lebih suka mereka tidak mengetahui keberadaan kamu, maka kamu memiliki kekuatan untuk membuang pelacakan geografis. Pertama, masukkan pengaturan sistem ponsel kamu dan navigasikan ke area izin Lokasi.

Contoh di bawah ini adalah untuk iPhone, tetapi kamu dapat melakukannya dengan ponsel cerdas lain, prosesnya mungkin sedikit berbeda. Buka pengaturan umum dan gulir ke bawah hingga kamu menemukan Instagram.

Untuk pengguna iPhone, pengaturan lokasi akan menjadi opsi pertama dalam daftar, di mana kamu dapat memilih dari beberapa preferensi lokasi, termasuk meminta untuk tidak pernah melacak kamu.

(brl/red)