9 Langkah kunci folder di laptop dan PC tanpa aplikasi, ternyata mudah

9 Langkah kunci folder di laptop dan PC tanpa aplikasi, ternyata mudah

Techno.id - Saat menggunakan perangkat laptop maupun PC untuk berbagai aktivitas, tentu pengguna tidak akan lepas dari sebuah penyimpanan file. Ya, file merupakan sebuah data yang dapat disimpan dalam folder agar dapat diakses kembali. Sebuah perangkat menyediakan fitur folder agar pengguna menyimpan file sesuai kebutuhan. Namun perlu digaris bawahi kapasitas dari folder juga menyesuaikan dengan ruang memori perangkat.

Sebuah folder dibutuhkan agar file secara aman dapat tersimpan pada perangkat. Namun rasa aman tersebut dinilai kurang karena siapa saja dapat mengakes folder tersebut. Terlebih pengguna tidak memasang sebuah sistem pengamanan seperti kata sandi perangkat dan yang lainnya.

9 Langkah kunci folder di laptop dan PC tanpa aplikasi, ternyata mudah

foto: pixabay.com

Beruntungya perangkat laptop maupun PC memiliki fitur untuk melakukan penguncian terhadap sebuah folder. Hal ini ditujukan agar folder berisikan file penting maupun rahasia tidak mudah dibajak oleh orang tidak bertanggung jawab. Pada kesempatan ini Jumat (8/7), techno.id akan memberikan 9 langkah kunci folder di laptop dan PC tanpa aplikasi secara mudah.

1. Buka File Explorer pada perangkat yang digunakan.
2. Silakan pilih dan cari folder yang ingin kamu kunci.
3. Klik kanan pada folder yang dipilih, kemudian klik pada opsi menu Add to archive.
4. Setelah itu akan muncul jendela pengaturan archive, kamu tinggal pilih opsi ZIP untuk mengunci folder tersebut.
5. Kemudian klik opsi menu Set password dan akan muncul jendela baru untuk membuat password.
6. Buat password yang akan kamu gunakan untuk mengunci folder yang telah dipilih.
7. Klik OK dan tunggu hingga proses archive selesai.
8. Apabila proses archive sudah berhasil, maka folder yang diberikan kunci atau sandi akan secara otomatis berganti menjadi folder ZIP.
8. Setelah berubah untuk membuka folder yang dikunci tersebut, kamu hanya perlu mengisi password yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan kata sandi yang diberikan tidak lupa maupun salah.

9 Langkah kunci folder di laptop dan PC tanpa aplikasi, ternyata mudah

foto: pixabay.com

Selain tanpa aplikasi, kamu juga dapat melakukan penguncian folder dengan aplikasi tertentu. Salah satu aplikasi yang cocok untuk digunakan adalah My Secret Folder. Berikut cara menggunakan platform tersebut.

1. Download dan install aplikasi My Secret Folder pada perangkat yang digunakan.
2. Apabila proses instalasi telah selesai, buka aplikasi My Secret Folder.
3. Setelah itu buat folder dan pilih lokasi tempat kamu menyimpan folder yang ingin dikunci, dengan cara klik Browse lalu pilih lokasi folder tempat kamu ingin menyimpan folder yang dikunci.
4. Klik Next dan klik Create a Password untuk membuat kata sandi.
5. Selanjutnya kamu tinggal klik OK untuk melanjutkan.
6. Secara otomatis aplikasi akan mengunci folder yang telah dipilih. Apabila kamu ingin membuka folder yang telah kamu kunci tersebut, maka kamu tinggal buka aplikasi My Secret Folder lalu masukkan password yang sudah kamu buat sebelumnya.

9 Langkah kunci folder di laptop dan PC tanpa aplikasi, ternyata mudah

foto: pixabay.com

Itu beberapa cara untuk mengunci sebuah folder pada laptop dan PC. Selamat mencoba.

(brl/guf)