Cara lacak HP hilang dengan dan tanpa IMEI, bisa Android dan iPhone

Cara lacak HP hilang dengan dan tanpa IMEI, bisa Android dan iPhone

Techno.id - HP atau handphone merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang komunikasi. HP kian mengalami perubahan baik dari segi fitur, desain, maupun fungsi. Tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, HP juga merangkap kerja sebagai sarana hiburan, perangkat kerja, dan lain sebagainya.

Momen apes dalam menggunakan HP tentu pernah dialami setiap orang. Salah satu kejadian tidak menyenangkan tersebut adalah HP yang hilang. Tidak hanya kesal, tentu HP hilang menjadi salah satu insiden yang merugikan.

Pasalnya, banyak orang yang menggunakan HP sebagai alat penyimpan hampir semua data pribadi mereka. Tak ayal jika benda tersebut hilang, banyak orang yang mencarinya hingga mendapatkannya kembali.

Untuk menemukan HP yang hilang, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari yang mudah hingga sulit semua bisa dilakukan untuk mendapatkan benda kotak kesayangan tersebut. Untuk membahas lebih lengkap mengenai perihal tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/7), cara lacak HP hilang dengan dan tanpa IMEI, bisa Android & iPhone.

Cara melacak HP menggunakan nomor IMEI

Cara lacak HP hilang dengan dan tanpa IMEI, bisa Android dan iPhone

foto: pexels.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keberadaan HP kesayanganmu adalah menggunakan IMEI. International Mobile Equipment Identity atau yang biasa disingkat IMEI merupakan sebuah nomor yang selalu ada pada setiap HP. Baik Android maupun iPhone, kedua perangkat ini tentu membutuhkan IMEI untuk bisa digunakan sebagai pembeda nomor seri setiap HP.

Kamu bisa mengetahui nomor IMEI pada perangkat yang kamu gunakan melalui box HP yang kamu miliki. Biasanya setiap developer menyertakan nomor IMEI pada bagian belakang box tersebut. Namun ada juga yang menggunakan stiker untuk mencantumkan nomor IMEi dari HP tersebut.

Setelah mengetahui nomor IMEI yang ada, kamu perlu meminta surat keterangan hilang pada pihak berwajib kemudian menghubungi call center untuk membantu menemukan perangkatmu. Cara ini memang terkesan rumit, namun tidak ada salahnya mencoba barangkali nomor IMEI pada HP yang hilang bisa dilacak.

Cara melacak HP menggunakan aplikasi di Android

Cara lacak HP hilang dengan dan tanpa IMEI, bisa Android dan iPhone

foto: pexels.com

Selain menggunakan IMEI, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang tersedia di Play Store. Pada dasarnya, pencarian HP hilang menggunakan Aplikasi di Android hanya bisa kamu lakukan jika perangkat yang dimiliki sudah terhubung dengan aplikasi tersebut.

Kamu perlu menginstall aplikasi pelacak ini sebelum HP yang kamu miliki hilang kemudian menautkannya pada perangkat lain seperti laptop dan komputer. Dengan demikian, data yang ada seperti persentase baterai, mengirimkan notifikasi, serta melacak keberadaan HP bisa dilakukan dengan mudah. Berikut daftar aplikasi yang bisa kamu download dan instal di Play Store.

1. Google Find My Device

Penggunaan Google Find My Device pada dasarnya sangat sederhana. Kamu hanya perlu mendaftarkan perangkat yang dimiliki dengan aplikasi tersebut kemudian menautkannya dengan laptop atau komputer. Dengan demikian, jika suatu waktu kamu kehilangan HP kesayangan, pencarian perangkat tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

2. Phone Tracker By Number

Phone Tracker By Number juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui keberadaan HP yang hilang. Sistem kerja dari Phone Tracker By Number pada dasarnya sama seperti Google Find My Device. Fitur yang disediakan juga termasuk lengkap. Kamu juga dapat melacak HP yang hilang menggunakan nomor keluarga yang ada di kontak HP tersebut.

3. Find My Phone

Kamu juga bisa menggunakan Find My Phone untuk mengetahui lokasi HP yang hilang. Fitur mengirimkan pesan, mengetahui persentase baterai, serta mendeteksi lokasi terakhir juga bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini.

Cara melacak HP menggunakan aplikasi di iPhone

Cara lacak HP hilang dengan dan tanpa IMEI, bisa Android dan iPhone

foto: pexels.com

Selain Android, iPhone juga memiliki sederet aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari HP yang hilang. Sistem pencarian HP di iPhone kurang lebih sama dengan Android. Kamu perlu menghubungkan perangkat yang dimiliki pada aplikasi yang digunakan kemudian menyambungkannya dengan Mac atau MacBook. Berikut deretan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melacak iPhone atau iPad yang hilang.

1. Cell Phone Tracker + by number

Aplikasi ini dirancang untuk mengetahui lokasi iPhone yang kamu miliki dengan mudah. Kamu bisa mengirimkan SMS pada perangkat tersebut untuk mengetahui keberadaan iPhone yang kamu miliki. Untuk menggunakan Cell Phone Tracker + by number, kamu bisa menginstalnya melalui App Store.

2. iSharing

iSharing merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Sistem kerja aplikasi ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Kamu hanya perlu mendaftarkan perangkat yang dimiliki pada iSharing kemudian membagikan ID dari aplikasi tersebut kepada orang lain atau anggota keluarga yang menggunakan aplikasi serupa. Dengan demikian, proses pencarian HP yang hilang bisa dilakukan dengan mudah.

3. iTrack

Sistem kerja iTrack juga hampir sama seperti iSharing. Kamu bisa mengetahui keberadaan perangkat yang hilang hanya dengan melacak lokasi terkini dari iPhone tersebut. Tidak hanya mengetahui lokasi terkini, iTrack juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan, mengetahui persentase baterai, hingga memberikan notifikasi.


(brl/guf)