11 Cara mengatasi aplikasi TikTok error, lakukan secara berkala

image

Techno.id -

Selain menjadi wadah untuk saling berkomunikasi dengan warga dunia maya, media sosial juga menjadi ajang untuk mengunggah hasil karya seni foto, video, maupun tulisan seseorang. Bahkan dengan media sosial, seseorang dapat mendapatkan informasi terkini secara cepat. Manfaat lainnya dari sebuah platform media sosial adalah untuk mendapatkan pundi-pundi uang melalui promosi jual beli.

Salah satu platform media sosial populer saat ini adalah TikTok. Aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna dapat mengunggah video berdurasi singkat tersebut cukup digemari di berbagai belahan dunia. Selain untuk menikmati karya seni video terbaik para konten kreator, TikTok juga dapat menjadi wadah untuk memperoleh informasi kejadian viral yang berhasil terekam dan diunggah oleh pengguna. Bahkan pihak developer juga menyediakan fitur untuk jual beli online dengan mudah.

Fitur yang ada apa TikTok dinilai cukup lengkap. Mulai dari editing video dan mengunggahnya secara langsung, hingga fitur live untuk berinteraksi dengan sesama pengguna TikTok. Namun pernahkan kamu mengalami gangguan seperti TikTok tiba-tiba forced closed? atau aplikasi terasa lambat dalam memproses perintah? Tentu hal tersebut sangat mengganggu bukan? Tapi tenang, ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut kok.

Pada kesempatan ini, Senin (9/5) techno.id akan memberikan 11 cara mengatasi aplikasi TikTok yang error. Namun sebelum masuk ke langkah-langkahnya terlebih dahulu untuk memahami faktor apakah yang membuat platform TikTok tidak bekerja dengan baik.

Ada dua faktor utama yang menjadi penyebab TikTok tidak dapat diakses secara maksimal. Pertama, faktor internal. Faktor yang sering terjadi seperti koneksi jaringan terganggu, kapasitas ruang terbatas, hingga aplikasi yang belum terupdate. Kedua, faktor eksternal. Faktor luar yang cukup mempengaruhi adanya gangguan dari server aplikasi maupun terdapat pembaharuan yang dilakukan oleh developer.

Untuk mengetahui masalah apa yang terjadi pada aplikasi, pengguna dapat melakukan checking via website downdetector. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui pengumuman via akun resmi TikTok maupun pengguna lainnya apabila terjadi lagging. Apabila tidak ada masalah mengenai server, kemungkinan besar masalah terletak pada faktor internal.

Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi masalah TikTok error. Yuk simak penjelasannya.

1. Cek kapasitas penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan menjadi faktor penting bagaimana kinerja aplikasi TikTok berjalan. Memastikan bahwa kapasitas RAM tidak penuh merupakan langkah awal untuk mengatasi TikTok error. Untuk melihat kapasitas RAM, kamu dapat pergi ke aplikasi pengelolaan perangkat, dan cek apakah RAM masih tersedia. Apabila kapasitas ruang penuh, silakan untuk membersihkan ruang penyimpanan terlebih dahulu.

2. Hapus cache aplikasi.

Aplikasi TikTok error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Cache atau merupakan sampah yang ada di aplikasi TikTok harus dihapus secara berkala. Karena bisa jadi cache yang menumpuk dapat mengakibatkan TikTok tidak berjalan dengan semestinya. Walaupun cache memiliki manfaat untuk beberapa hal, namun disisi lain cache juga membebani perangkat cukup signifikan.

Untuk menghapus cache cukup lakukan cara berikut ini:

1. Buka pengaturan perangkat yang digunakan
2. Pilih opsi manajemen aplikasi, lalu cari aplikasi TikTok
3. Ketuk opsi "Hapus Cache"

3. Mulai ulang aplikasi.

Kapasitas RAM yang terbatas membuat aplikasi tidak berjalan maksimal. Oleh karena itu sering memuat ulang aplikasi dapat mengatasi masalah TikTok yang sedang error. Cara cukup masuk ke recent apps, dan tutup semua aplikasi termasuk TikTok. Kemudian masuk kembali ke aplikasi.

4. Cek jaringan internet.

Kadangkala masalah TikTok error karena di jaringan internet. Silakan check jaringan internet kamu apakah tersambung dengan stabil atau tidak. Bisa saja kuota data seluler habis, ataupun sambungan wifi yang terkendala.

5. Jangan gunakan TikTok Mod.

Aplikasi TikTok error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Saat ini ada banyak beredar aplikasi TikTok modifikasi yang dapat diunduh secara gratis. Namun menggunakan TikTok Mod memiliki kelemahan dengan sering munculnya bug. Oleh karena itu menggunakan TikTok sangat tidak dianjurkan. Apabila TikTok sedang error, maka cara yang harus dilakukan adalah menginstal TikTok versi resmi.

6. Dinginkan perangkat.

Masalah yang sering terjadi apabila TikTok sedang error adalah suhu perangkat yang meningkat. Saat perangkat overheat dan proses aplikasi mengalami penurunan kecepatan, silakan untuk tutup semua aplikasi dan dinginkan perangkat untuk beberapa menit. Setelah dirasa ponsel yang digunakan dingin, silakan coba untuk masuk aplikasi kembali.

7. Install ulang aplikasi TikTok.

Install ulang aplikasi TikTok juga dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Melakukan instal ulang dapat menjadikan aplikasi ke versi terbaru. Cara cukup copot penginstalan aplikasi, kemudian silakan untuk download dan instal aplikasi kembali.

8. Mulai ulang perangkat.

Memulai ulang perangkat dapat merefresh semua aplikasi dan data perangkat. Restart perangkat juga bisa mengatasi bug yang muncul pada aplikasi TikTok.

9. Update aplikasi.

Memperbarui aplikasi TikTok juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah platform yang error seperti menutup aplikasi sendiri. Cara untuk update cukup masuk ke toko aplikasi perangkat, dan check apakah ada opsi untuk pembaruan atau tidak. Apabila tidak terdapat opsi update, maka silakan lakukan instal ulang.

10. Laporkan masalah ke developer.

Aplikasi TikTok error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Melaporkan masalah ke pihak developer bisa menjadi cara untuk mengatasi bug terutama aplikasi yang mengalami forced closed. TikTok memberikan opsi untuk melaporkan masalah melalui cara berikut ini:

1. Silakan untuk masuk ke menu profil TikTok
2. Kemudian pilih opsi pengaturan privasi
3. Scrolling ke bawah dan pilih laporkan masalah
4. Ketuk opsi keluar mendadak/ macet/ jaringan
5. Kemudian masukan form yang diminta oleh aplikasi
6. Setelah itu, kirim laporan masalah yang telah dibuat
7. Tunggu hingga developer TikTok memberikan feedback. Proses pelaporan masalah hingga mendapatkan balasan dari developer tidak memakan waktu lama.

11. Melakukan downgrade aplikasi.

Melakukan downgrade aplikasi dapat dilakukan saat pembersihan ruang hingga instal ulang tidak dapat mengatasi bug TikTok. Cara untuk melakukan downgrade cukup mudah. Pengguna bisa menggunakan toko aplikasi seperti Apk Pure untuk mendapatkan versi TikTok yang lama. Namun perlu digaris bawahi, pengguna tidak bisa merasakan update fitur terbaru dari TikTok.


(brl/guf)