7 Kelebihan dan kekurangan SPSS, lengkap pengertian dan fungsinya

7 Kelebihan dan kekurangan SPSS, lengkap pengertian dan fungsinya

Techno.id - Pengolahan angka merupakan salah satu kebutuhan yang banyak diperlukan di berbagai lini pekerjaan. Mulai dari penghitungan ringan, hingga berat sudah merupakan hal wajar yang dilakukan banyak orang.

Dalam mengerjakan berbagai laporan dengan wujud angka, diperlukan aplikasi pendukung untuk menjalakan prose olah angka tersebut agar mudah dan lancar untuk dijalankan. SPSS adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang mungkin tidak semua orang mengetahui aplikasi ini.

Dalam penggunaannya, SPSS secara dasar sama seperti aplikasi pengolah angka lainnya. Input data, masukkan rumus, hitung otomatis, dan selesai. Namun dalam pelaksanaannya penggunaan SPSS sedikit membutuhkan penyesuaian untuk bisa menguasainya dengan mahir.

Mungkin akan muncul pertanyaan, apa sih SPSS?, fungsinya apa? dan lain sebagainya. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan techno.id bantu jawab pada Rabu (20/4), pengertian, fungsi, dan kelebihan serta kekurangan pada aplikasi SPSS.

Pengertian SPSS

7 Kelebihan dan kekurangan SPSS, lengkap pengertian dan fungsinya

foto: ibm.com

SPSS merupakan sebuah software yang dirilis secara resmi oleh sebuah perusahaan bernama IBM (International Business Machines). Sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang bergerak di bidang teknologi dengan menjual berbagai perangkat lunak dan keras perkomputeran.

Dari segi fungsi, SPSS adalah salah satu aplikasi statistika untuk mengolah berbagai data yang ada untuk ditampilkan dengan sederhana dan mudah dipahami. Penggunaan SPSS secara umum sering digunakan untuk menghitung dan mengolah data peneliti pasar, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, peneliti kesehatan, organisasi pemasaran dan lain sebagainya.

Penggunaan SPSS dinilai lebih efektif dengan mengisi kolom yang disediakan kemudian mengatur berbagai rumus yang ada pada aplikasi tersebut. Pada awalnya, SPSS (Statistical Package for the Social Sciens) lebih sering digunakan untuk berbagai keperluan olah data statistik untuk ilmu sosial. Namun seiring perkembangan waktu, SPSS beralih fungsi sehingga menjurus ke berbagai sektor.

Fungsi SPSS

7 Kelebihan dan kekurangan SPSS, lengkap pengertian dan fungsinya

foto: ibm.com

Secara umum SPSS bisa digunakan untuk mengolah berbagai data. Namun jika dispesifikasikan, SPSS memiliki beberapa fungsi penting dalam penggunaannya.

1. Data Editor

Fitur dari SPSS yang satu ini memungkinkan pengguna aplikasi tersebut menampilkan, mengolah, dan mendefinisikan berbagai data yang dimiliki.

2. Viewer

Dengan fitur ini, pengguna SPSS bisa dengan mudah menampilkan, menyembunyikan, dan menghilangkan berbagai data yang dimiliki dengan mudah.

3. Database Access

Database Access merupakan salah satu fitur yang ada pada SPSS untuk memperoleh kembali data lama yang tersimpan pada aplikasi SPSS dengan menggunakan Data Wizard yang disediakan.

4. Multidimensional Pivot Tables

Fitur lain yang ada pada SPSS adalah Multidimensional Pivot Tables. Dengan menggunakan Multidimensional Pivot Tables, pengguna aplikasi SPSS akan dengan mudah mengolah, mengedit, dan mengelompokkan berbagai data yang ada menggunakan kolom yang sudah disediakan pada aplikasi SPSS.

5. High-Resolution Graphics

High-Resolution Graphics memungkinkan SPSS untuk menampilkan berbagai data yang sudah di convert dalam bentuk chart, diagram, atau grafik dengan kualitas gambar yang jernih. Pengguna akan mudah dalam memamhami data yang ada pada SPSS berkat kualitas gambar yang tinggi.

Kelebihan dan kekurangan SPSS

7 Kelebihan dan kekurangan SPSS, lengkap pengertian dan fungsinya

foto: ibm.com

Sebagai sebuah aplikasi, tentu saja SPSS memiliki beberapa kelebihan dan kekurang. berikut adalah tujuh kelebihan dan kekurangan yang ada pada aplikasi SPSS.

1. Mampu mengolah berbagai data dengan format yang berbeda seperti dBase, Lotus, Text file, dan lain sebagainya.

2. User interface yang informatif dan mudah dipahami oleh berbagai pengguna, sekalipun pengguna baru.

3. Informasi yang ditampilkan lebih akurat. Jika terjadi kesalahan penginputan data, SPSS secara otomatis akan menampilkan error yang ada pada proses pengolahan data tersebut.

4. Penggunaan yang mudah pada SPSS membuat pengguna Microsoft Excel, Spreadsheet, dan aplikasi pengolah angka lainnya kesusahan menggunakan SPSS.

5. Adaptasi baru diperlukan untuk menggunakan versi update dari aplikasi SPSS. Pengguna perlu menyesuaikan ulang penggunaan aplikasi ini ketika ingin update ke versi terbaru.

6. Ukuran aplikasi yang besar membuat beberapa perangkat dengan spesifikasi kurang tinggi akan cukup berat untuk menjalankan aplikasi SPSS.

7. SPSS merupakan aplikasi berbayar yang harus dibeli untuk mendapatkan akses penuh dalam menggunakan aplikasi dari IBM ini.

(brl/guf)