Cara mengirim pesan di WhatsApp saat kuota habis, gunakan multi-device

Cara mengirim pesan di WhatsApp saat kuota habis, gunakan multi-device

Techno.id -

Berkat kecanggihan teknologi jaringan internet dan perangkat telekomunikasi, berkirim pesan saat ini sangat mudah dilakukan. Bahkan terdapat berbagai fitur unik yang dapat digunakan saat melakukan chatting. Ditambah berkirim pesan tidak hanya antar perorangan saja, namun dapat dilakukan dengan banyak pengguna karena adanya layanan pesan grup.

Ada berbagai aplikasi berkirim pesan atau chatting yang tersedia untuk perangkat smartphone. Salah satu aplikasi populer yang digunakan oleh pengguna smartphone dari seluruh dunia adalah WhatsApp. Platform bentukan meta ini memberikan layanan untuk dapat melakukan chatting, panggilan suara maupun video, hingga fitur untuk memberikan berbagai dokumen secara cepat.

Aplikasi WhatsApp digunakan hampir oleh seluruh pengguna smartphone. Hal tersebut dikarenakan kemudahan yang diberikan oleh developer untuk penggunanya. Hanya bermodalkan sebuah nomor telepon dan email, seseorang sudah bisa memiliki akun WhatsApp. Bahkan untuk mengembangkan sebuah bisnis, WhatsApp juga memberikan versi WA Business agar menjalankan usaha lebih mudah.

Berbeda dengan sebuah platform berkirim pesan dengan metode SMS yang menyedot pulsa, WhatsApp hanya memerlukan jaringan internet yang stabil untuk mendapatkan akses secara menyeluruh. Tentu jaringan internet didapatkan dari kuota internet yang dibeli oleh pengguna, maupun jaringan internet nirkabel lainnya. Namun ada kalanya kuota dari pengguna habis yang mengakibatkan tidak adanya akses internet. Hal tersebut tentu akan berdampak pada WhatsApp yang tidak bisa digunakan.

Eits, namun tenang saat ini WhatsApp masih tetap bisa digunakan untuk berkirim pesan walau perangkat smartphone tidak mempunyai jaringan internet. Bahkan saat ponsel dalam keadaan mati, aplikasi WhatsApp tetap dapat digunakan. Cukup mengherankan bukan? Hal tersebut dapat terwujud berkat adanya sistem multi-device dari WhatsApp.

Fitur multi-device dari WhatsApp ini memungkinkan untuk sebuah akun WA digunakan pada lebih dari 1 perangkat. Lebih tepatnya nomor WA yang terdaftar dapat dimasukan dalam 4 perangkat sekaligus. Sehingga apabila satu perangkat dalam kondisi tidak memungkinkan dapat beralih ke device lain.

Cara mengirim pesan di WhatsApp saat kuota habis, gunakan multi-device

foto: pixabay.com

Sebelumnya fitur multi-device memang sudah ada. Namun perangkat utama atau akun pertama harus selalu terkoneksi dengan internet. Untuk sistem multi-device WhatsApp terbaru mendukung untuk sebuah akun dapat ditautkan ke perangkat lain, walau ponsel utama tidak memiliki jaringan internet.

Lalu bagaimana cara agar fitur multi-device dapat digunakan? Pada kesempatan ini Rabu (20/4) techno.id akan memberikan tutorial cara menggunakan multi-device pada WhatsApp secara mudah. Yuk ikuti langkahnya sampai selesai.

1. Silahkan untuk membuka aplikasi WhatsApp yang telah terinstal pada smartphone
2. Kemudian ketuk menu titik tiga pada pojok kanan atas layar
3. Pilih opsi "Perangkat tertaut"
4. Kemudian ketuk pada opsi "Tautkan perangkat"
5. Silahkan pindai kode QR yang ada pada WhatsApp web / desktop yang akan ditautkan
6. Pastikan saat menghubungkan antar device, terdapat jaringan internet yang stabil.

Cara mengirim pesan di WhatsApp saat kuota habis, gunakan multi-device

foto: web.whatsapp.com

Itulah cara agar WhatsApp dapat digunakan saat habis kuota, maupun perangkat kehabisan baterai. Namun perlu digaris bawahi cara tersebut dilakukan saat perangkat utama dalam keadaan stabil. Sehingga menautkan WA dengan device lain sebagai sarana cadangan saja.


(brl/guf)