6 Rekomendasi ucapan Lebaran di WhatsApp untuk orang tersayang versi publik figur

6 Rekomendasi ucapan Lebaran di WhatsApp untuk orang tersayang versi publik figur

-

4. Ucapan sesuai KBBI bisa jadi opsi

6 Rekomendasi ucapan Lebaran di WhatsApp untuk orang tersayang versi publik figur Ivan Lanin (foto: dok.whatsapp)

Peneroka Bahasa Indonesia daring dan pecinta Bahasa Indonesia Ivan Lanin mengungkapkan untuk membuat pesan yang lebih bermakna, gunakan fungsi ekspresi dan sosial bahasa. Fungsi ekspresi diterapkan dengan gaya bahasa, rangkaian kalimat, dan pilihan kata yang menyentuh rasa. Fungsi sosial diterapkan dengan, antara lain, sapaan atau kenangan personal yang mempererat hubungan. Kedua fungsi itu melengkapi fungsi komunikasi bahasa untuk penyampaian pesan yang efektif.

Begini ia menyontohkan:

Purna sudah puasa kita setelah sebulan penuh melalui Ramadan. Semoga segala amal kita diterima dan rahmatullah tercurah berlimpah kepada kita. Kini tiba saat merayakan hari kemenangan bersama kerabat dan sahabat. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita dapat berjumpa lagi pada Ramadan berikutnya.

5. Lebaran adalah rumah sebuah pengingat untuk pulang

6 Rekomendasi ucapan Lebaran di WhatsApp untuk orang tersayang versi publik figur Kunto Aji (dok.whatsapp)

Menurut musisi Kunto Aji, hal penting ketika mengirimkan pesan Ramadan untuk keluarga dan teman-teman dekat bisa sepersonal mungkin agar tetap meaningful. Kita bisa mengekspresikan segala bentuk kejadian-kejadian atau momen menarik untuk dapat selalu dikenang. Dan menuntun doa-doa baik sebagai bentuk terima kasih dan wujud syukur tentunya. Jadikan kedekatan dan keseruan kamu sebagai kunci komunikasinya. Lebih kanjut Kunto menyebut, Lebaran adalah momen atau sebuah rumah yang mengingatkan banyak orang untuk pulang, katanya.

Kunto memberikan contoh menulis pesan yang cukup personal:

Selama masih ada rumah untuk pulang dan memulai segalanya seperti bulan Ramadan yang selalu mampu mempertemukan momen intim untuk perjumpaan keluarga dan memulai kembali kebersamaan yang mungkin banyak terlewat. Ada haru, iya. Tapi rasa syukurnya pasti selalu terjaga. Bulan penuh maaf baik lahir dan juga batin untuk kita semua! Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, semoga berkah serta niat kebaikan selalu mendekat pada kita dibulan yang siang dan malam harinya ini mulia ya!

6. Kata maaf untuk Ibu berucap jujur dari hati

6 Rekomendasi ucapan Lebaran di WhatsApp untuk orang tersayang versi publik figur Marchella FP (dok.whatsapp)

Sebagai seorang penulis, Marchella FP, menulis pesan Ramadan menurutnya perlu kejujuran dari hati, tidak hanya formalitas dan duplikasi kata maaf yang rasanya jadi sama rata maknanya. Tidak selalu kata walau tangan tak sampai dan kalimat indah lainnya yang buat hati tersentuh. Kadang sekadar menyematkan nama yang dituju, berucap jujur tanpa fitur pengirim segaram otomatis, rasanya jauh lebih bermakna, ujar penulis sekaligus pemilik IP Generasi90an dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Contohnya begini:

Mam, maafin Chelo ya. Sering jarang di rumah, sering sibuk kerja, sering gak sempat makan di rumah padahal itu masakan paling enak di dunia. Selamat lebaran ya, semoga kita masih sempat rasain lebih banyak lebaran bersama.

(brl/red)