6 Cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android

6 Cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android

Techno.id - Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) di perangkat Android. Jika, karena alasan tertentu, cara kamu biasanya mengambil tangkapan layar tidak berfungsi, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan cara lain yang mungkin lebih nyaman. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android.

1. Gunakan pintasan tangkapan layar Android

6 Cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android foto: freepik

Pertama, ada cara cepat dan sederhana untuk mengambil tangkapan layar di sebagian besar ponsel Android. Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Turun secara bersamaan, dan kamu akan melihat animasi singkat di layar diikuti dengan konfirmasi di bilah notifikasi bahwa tindakan berhasil.

Kamu harus mendapatkan waktu yang tepat. Menekan tombol daya terlalu cepat akan mengunci layar perangkat, sedangkan menekan tombol volume terlalu cepat akan menyesuaikan volume media atau nada dering.

2. Menggunakan pintasan pembuat ponsel

6 Cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android foto: freepik/grinvalds

Tidak semua ponsel menggunakan metode Android standar. Misalnya, perangkat Samsung yang lebih lama mengharuskan kamu menekan tombol Power + Home untuk mengambil tangkapan layar, meskipun model yang lebih baru telah berubah ke metode Power + Volume Down.

Setelah itu, prosesnya sama. Kamu akan melihat konfirmasi di layar dan gambar dapat dilihat di aplikasi galeri. Beberapa ponsel menggunakan metode standar tetapi juga memiliki opsi tambahan.

Misalnya, pada beberapa ponsel, kamu dapat menekan tombol Daya untuk mengakses menu Opsi. Dari sana, kamu dapat mengambil tangkapan layar dan merekam layar perangkat Android.

3. Menggunakan gestur

6 Cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Banyak perangkat Android sekarang memungkinkan kamu menggunakan gerakan untuk mengambil tangkapan layar, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk menekan tombol. Misalnya, jika memiliki ponsel Oppo, kamu dapat membuka Pengaturan > Alat Praktis > Gestur dan gerakan, lalu piliha Usap turun dengan 3 jari untuk gambar layar. Sekarang, kamu hanya perlu menggesek 3 jari tangan dari atas layar untuk memicu tangkapan layar. Periksa panduan pengguna untuk melihat apakah ada opsi yang setara untuk model ponsel kamu.

(brl/red)