6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising

Techno.id - Mungkin kamu sering menerima panggilan yang tidak diinginkan dari nomor telepon yang tidak dikenal. Hati-hati, bisa jadi itu adalah serangan vishing (phishing suara) hingga panggilan pemasaran acak. Panggilan tak terduga dan tidak diinginkan ini terkadang bikin jengkel dan benar-benar membuang waktu.

Namun, jika kamu menerima beberapa panggilan dari nomor tak dikenal yang sama, mungkin ingin mengidentifikasi penelepon tersebut sehingga kamu dapat mengambil tindakan lebih lanjut. Untungnya, ada beberapa cara untuk menemukan siapa yang ada di ujung telepon yang menggunakan layanan pihak ketiga dan internet.

Umumnya penelpon tidak dikenal menggunakan nama no caller ID. Nah saat kamu menerima panggilan dengan tampilan no caller ID, itu berarti penelepon sengaja menyembunyikan nomor teleponnya. Meskipun individu dapat menyembunyikan ID penelepon mereka untuk privasi, spammer sering menggunakannya untuk tujuan jahat dan menipu.

Beberapa penyedia jaringan menawarkan Layanan Pengembalian Panggilan Terakhir, yang memungkinkan kamu mengidentifikasi ID penelepon yang tidak dikenal. Setelah memiliki ID penelepon, kamu dapat menggunakan situs pencarian telepon terbalik atau aplikasi ID penelepon pihak ketiga untuk mengumpulkan lebih banyak informasi. Begini cara mengetahui nomor penelpon tidak dikenal.

1. Tekan *69 untuk menggunakan layanan panggilan kembali

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising foto: freepik/eyeem

Kode * 69 adalah layanan pengembalian panggilan khusus yang secara otomatis mengingat nomor yang terakhir menelepon kamu. Ini berguna untuk menemukan nomor telepon saat kamu menerima panggilan dari nomor pribadi.

Untuk menggunakan layanan ini, tekan *69 dan dengarkan rekamannya untuk menemukan nomor teleponnya. Setelah memiliki nomornya, kamu dapat meneleponnya kembali atau menggunakan layanan pencarian telepon terbalik untuk menemukan detail lebih lanjut tentang penelepon.

Layanan ini mungkin dikenakan biaya dan hanya tersedia di Amerika Serikat. Meskipun tersedia di telepon selular dan telepon rumah, layanan ini hanya berfungsi untuk panggilan lokal.

2. Gunakan mesin pencari untuk mengidentifikasi nomor telepon

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising foto: freepik/jannoon028

Cara mudah untuk menemukan dan memblokir panggilan spam adalah dengan mencari nomor telepon di mesin pencari, seperti Google. Beberapa situs web melacak nomor penipuan dan spam yang dilaporkan oleh individu melalui pelaporan komunitas.

Ketik nomor tersebut ke dalam pencarian Google untuk melakukan pencarian nomor telepon. Google kemudian akan mencari di internet untuk menemukan jejak nomor yang diberikan, memprioritaskan situs web yang menyimpan catatan nomor palsu dengan statistik spamnya. Selain itu, cara ini dapat menampilkan media sosial apa pun atau profil pengguna lain yang tersedia untuk umum yang terkait dengan nomor telepon tersebut.

3. Gunakan situs pencarian telepon terbalik

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising foto: spydialer

Situs pencarian telepon terbalik dapat mengakses basis data yang lebih besar daripada mesin pencari. Ini mencari data dari catatan yang tersedia untuk umum, mesin pencari, halaman putih dan kuning, dan basis data media sosial.

Layanan pencarian telepon berbayar ini mungkin mendapatkan datanya dari web gelap dan catatan pribadi mitra bisnis. Ini juga mengapa layanan pencarian telepon gratis mungkin tidak selalu memberikan hasil yang kamu inginkan.

Saat menggunakan layanan pencarian telepon terbalik, perhatikan data yang diminta untuk kamuberikan. Misalnya, jika kamu perlu mendaftar dengan nomor telepon, nama, dan detail lainnya, kamu mungkin mengizinkan orang lain mengidentifikasi kamu dengan nomor telepon di situs pencarian terbalik. Beberapa situs pencarian terbalik popular di antaranya SpyDialer, Zlookup, dan Whitepages.

4. Gunakan aplikasi identifikasi penelepon di ponsel cerdas

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising foto: play.google.com

Aplikasi identifikasi penelepon seperti TrueCaller dapat membantu kamu menemukan identifikasi penelepon yang tidak dikenal, termasuk nama dan lokasi. Meskipun aplikasi ini lebih merupakan pedang bermata dua, namun menawarkan solusi sederhana untuk mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal.

TrueCaller adalah aplikasi identifikasi penelepon multiguna popular yang dapat mengidentifikasi informasi penelepon dari nomor yang tidak dikenal. Ini juga menampilkan pelaporan spam berbasis komunitas dan pemblokiran panggilan dan SMS spam otomatis. Jika panggilan tersebut hanya panggilan spam atau pemasaran, kamu dapat memblokir panggilan yang tidak diinginkan di Android dengan menambahkan penelepon ke daftar blokir, menghubungi operator kamu, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

5. Tekan *57 untuk mengaktifkan layanan pelacakan panggilan

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising foto: freepik/eyeem

Jika kamu menjadi korban pelecehan dan ingin melibatkan penegak hukum setempat, tekan *57 untuk menggunakan layanan pelacakan panggilan. Kamu perlu menekan *57 segera setelah panggilan masuk untuk mengaktifkan pelacakan panggilan dan menunggu konfirmasi. Pastikan untuk mencatat tanggal dan waktu panggilan masuk yang ingin kamu laporkan.

Setelah layanan diaktifkan, hubungi lembaga penegak hukum setempat. Penyedia layanan jaringan kamu hanya akan merilis catatan penelepon ke agensi melalui proses hukum yang tepat.

6. Hubungi penyedia layanan jaringan

6 Cara mengidentifikasi penelepon yang tidak dikenal agar kamu tidak menjadi korban phising foto: freepik/creativeart

Jika operator kamu tidak mendukung layanan pelacakan panggilan *69 atau * 57, kamu dapat menghubungi penyedia layanan jaringan untuk mencoba dan menemukan detail penelepon.

Namun, ini adalah proses yang rumit karena penyedia layanan terikat secara hukum untuk melindungi identifikasi pelanggan kecuali diminta oleh lembaga penegak hukum melalui proses hukum.

Beberapa perangkat Android dilengkapi dengan fitur identifikasi penelepon bawaan. Itu juga dapat mendeteksi panggilan spam yang bersumber melalui pelaporan komunitas. Namun, jika ini adalah kasus pelecehan, gunakan layanan pelacakan panggilan yang disediakan penyedia layanan jaringan kamu dan segera hubungi lembaga penegak hukum setempat.

(brl/red)