AMD hadirkan prosesor Ryzen Pro baru untuk laptop dan desktop dengan kemampuan AI

AMD hadirkan prosesor Ryzen Pro baru untuk laptop dan desktop dengan kemampuan AI

Techno.id - AMD memperkenalkan jajaran prosesor berorientasi profesional terbaru, yang menargetkan pengguna laptop dan desktop. Di sisi laptop, perusahaan memperkenalkan seri Ryzen Pro 8040. Sedangkan sisi desktop menghadirkan seri Ryzen Pro 8000.

Sama seperti versi non-Pro reguler dari semua prosesor ini, fitur utama baru yang besar di seluruh chipset ini adalah Ryzen AI, di mana AMD menjanjikan kinerja AI hingga 16 puncak dari NPU saja pada prosesor teratasnya.

Tentu saja, yang membedakan model ini dari versi non-Pro adalah hadirnya fitur keamanan dan manajemen tertentu yang membuat prosesor ini lebih cocok untuk skenario bisnis di mana administrator TI perlu menyiapkan dan mengelola beberapa mesin.

Seri AMD Ryzen Pro 8040 untuk laptop

AMD hadirkan prosesor Ryzen Pro baru untuk laptop dan desktop dengan kemampuan AI foto: amd

Dimulai dari sisi laptop, seri AMD Ryzen 8040 Pro hadir berdasarkan arsitektur Zen 4 dengan proses manufaktur 4nm. Proesor ini menjanjikan kinerja CPU hingga 30% lebih banyak, dan kinerja konferensi video 72% lebih cepat dibanding Intel Core Ultra 7 165U. AMD juga membanggakan model-model ini sebagai yang pertama menampilkan teknologi Wi-Fi 7 bawaan.

Jajaran prosesor pada dasarnya sama dengan versi non-Pro yang sudah tersedia di berbagai laptop, tetapi tentu saja ditujukan untuk pengguna bisnis. Kamu akan menemukannya di laptop bisnis dari HP, Lenovo, dan OEM lainnya, mulai kuartal ini.

Untuk perangkat yang akan menampilkan prosesor ini, kamu dapat melihat laptop dari HP EliteBook 805 series G11, 605 Series G11, dan ProBook 405 Series G11, ditambah beberapa seri HP ZBook Power dan Firefly G11. Lenovo akan menampilkan prosesor baru di ThinkPad T14 Gen 5.

Seri AMD Ryzen Pro 8000 untuk desktop

AMD hadirkan prosesor Ryzen Pro baru untuk laptop dan desktop dengan kemampuan AI foto: amd

Di sisi desktop, AMD memperkenalkan varian Pro dari APU seri Ryzen 8000 yang ada. Perlu diingat bahwa CPU Ryzen generasi berikutnya dari AMD belum ada, jadi ini tidak didasarkan pada arsitektur Zen 5. Ini juga didasarkan pada Zen 4 dan proses 4nm, serta grafik Ryzen terintegrasi yang menjanjikan kinerja hingga 47% lebih tinggi dibanding Intel Core i7-14700. Prosesor ini juga mendukung RAM DDR5 dan PCIe 4.0, bersama dengan Wi-Fi 7 pada model tertentu.

Sama seperti prosesor laptop, seri AMD Ryzen Pro 8000 untuk desktop akan tersedia dalam sistem dan melalui mitra saluran pada kuartal kedua tahun ini. Kamu dapat melihatnya di sistem termasuk workstation seri ThinkCentre M75 Lenovo.

(brl/red)