5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya

5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya

Techno.id - Laptop telah menjadi komponen esensial dalam kehidupan sehari-hari, menjadi alat yang tak tergantikan untuk pekerjaan, belajar, dan hiburan. Namun, tidak jarang pengguna mengalami tantangan ketika laptop mereka tiba-tiba tidak dapat terisi daya meskipun telah di-charge dengan baik.

Masalah ini dapat menjadi sumber kekhawatiran dan mengganggu produktivitas. Ada beberapa alasan mengapa laptop mungkin tidak menerima daya sebagaimana mestinya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi pengisian daya, diharapkan pengguna dapat mengatasi kendala ini dengan lebih mudah dan efektif.

Dalam artikel ini, Techno,id akan membahas 5 penyebab umum baterai laptop tidak dapat terisi, serta memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut, Jumat (19/01).

1. Kerusakan pada baterai

5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya foto: freepik

Baterai yang sudah tua atau rusak mungkin menjadi penyebab utama. Seiring waktu, kapasitas baterai dapat menurun, dan jika baterai mencapai akhir umurnya, mungkin tidak akan mampu menahan daya lagi. Coba pertimbangkan untuk mengganti baterai jika laptop kamu sudah berusia beberapa tahun.

2. Masalah pada kabel charger atau adaptor

5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya foto: asus.com

Kabel charger yang rusak atau adaptor daya yang bermasalah dapat mengakibatkan ketidakmampuan laptop untuk menerima daya dengan baik. Pastikan untuk memeriksa kondisi fisik kabel dan konektor serta pastikan mereka berfungsi dengan baik.

3. Port charger yang rusak

5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya foto: freepik/user16766420

Port charger pada laptop yang rusak atau longgar dapat menghambat aliran daya. Periksa apakah ada debu atau kotoran yang terjebak di dalam port, dan pastikan koneksi antara charger dan port berjalan dengan baik.

4. Overheating dan perlindungan thermal

5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Banyak laptop dilengkapi dengan perlindungan termal yang dapat mematikan pengisian daya jika laptop terlalu panas. Pastikan laptop ditempatkan di permukaan yang datar dan bersirkulasi udara baik untuk mencegah overheating. Bersihkan kipas laptop secara teratur untuk menjaga suhu tetap optimal.

5. Perangkat lunak atau driver yang bermasalah

5 Penyebab baterai laptop tidak dapat terisi daya saat di-charge, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Terkadang, masalah perangkat lunak atau driver dapat mengganggu proses pengisian daya. Pastikan driver dan perangkat lunak yang terkait dengan manajemen baterai atau daya berjalan dengan baik. Perbarui driver jika diperlukan dan lakukan pembaruan sistem operasi secara rutin.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)