5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data  

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data  

-

3. Power Query

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data (Foto: Screen capture/support.microsoft.com)

Microsoft Excel dapat memperbarui data numerik seperti harga saham, nilai tukar, skor olahraga, data penerbangan bandara, dan lainnya dari sumber data bersama yang ditemukan langsung di web.

Yang pasti, fitur ini meniadakan kebutuhan untuk entri data manual, yang umumnya tampak memakan waktu dan membosankan bagi kebanyakan orang. Fungsi ini sendiri disebut Download & Transform/Feed Queries. Sebagai pengingat, fitur ini tidak tersedia di Microsoft Excel 2007. Hanya tersedia di Microsoft Excel 2010 dan yang lebih baru.

Untuk menggunakannya, pengguna Microsoft Excel 2010 harus mengunduh dan menginstal add-on Power Query terlebih dahulu. Untuk pengguna versi sebelumnya, sudah tersedia dalam software Microsoft Excel.

Pertama pilih Power Query (atau Data > Kueri Baru > Dari Sumber Lain > Dari Internet).

Di kolom Dari Web, masukkan URL data yang diminta. Berikan kredensial pengguna jika alamat situs web ini memerlukannya. Lalu klik Oke".

Power Query secara otomatis menganalisis halaman web dan memuat data ke dalam Dasbor yang terletak di bawah Tampilan Tabel.

Kemudian pilih tabel yang ingin kamu ikuti dengan mengklik data pada daftar yang muncul di layar. Klik Unduh dan data situs web akan secara otomatis muncul di spreadsheet.

4. PivotTable

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data (Foto: Freepik.com/@chormail)

Tabel pivot adalah alat penghitungan, peringkasan, dan analisis data yang ampuh untuk memvisualisasikan perbandingan, pola, dan tren dalam data. Cara menggunakannya mudah. Pertama, pilih tempat kamu ingin membuat tabel pivot (Catatan: data kamu tidak boleh memiliki baris atau kolom kosong. Data hanya boleh memiliki header baris tunggal).

Lalu klik Insert dan pilih PivotTable. Lalu di kotak dialog Buat PivotTable, pilih Pilih Tabel atau Rentang. Di kolom Tabel/Rentang, sorot rentang sel yang diinginkan.

Kemudian di kolom Pilih tempat meletakkan laporan tabel pivot. Pilih Lembar Baru untuk menempatkan PivotTable di lembar baru atau yang sudah ada, lalu pilih di mana kamu ingin PivotTable muncul.

Pilih OK dan fungsi ini akan dijalankan secara otomatis. Jika tidak berhasil, coba lagi, pastikan kamu telah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

5. Charts

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data (Foto : Freepik.com/@rawpixel.com)

Hanya dengan beberapa klik, kamu dapat mengubah data kolom atau baris dalam tabel menjadi tampilan seperti bagan. Tentu, tampilan grafik justru lebih enak dipandang saat ingin mempresentasikan hasil pengelolaan data dalam sebuah presentasi atau rapat.

Tata cara pembuatan grafik pada Microsoft Excel adalah dengan memilih terlebih dahulu data yang ingin dibuat grafiknya. Lalu pilih Enter > Peta yang Direkomendasikan. Di bagian ini, pilih metode tampilan bagan yang kamu inginkan, lalu klik OK.

Oh iya, kamu juga bisa menambahkan trendline dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pilih grafik yang kamu buat sebelumnya.

Klik Tema > tambahkan elemen grafis. Pilih Trendline lalu pilih jenis trendline yang kamu inginkan, misalnya Linear, Eksponensial, Prakiraan Linier atau Rata-Rata Bergerak.

(brl/red)