4 Emulator game boy advance terbaik untuk iOS versi 2024, cocok buat kamu yang kangen masa kecil

4 Emulator game boy advance terbaik untuk iOS versi 2024, cocok buat kamu yang kangen masa kecil

Techno.id - Buat generasi 1990-an, jika ingin menghidupkan kembali kenangan masa kecil dengan memainkan semua game GBA (Game Boy Advance) klasik, kamu sekarang bisa melakukannya cuma dengan menggunakan iPhone.

Sebab, kamu bisa memainkannya dengan emulator Game Boy Advance terbaik yang tersedia untuk perangkat iOS. Menggunakan emulator untuk bermain game ada;ah legal. Lain lagi jika kamu mengunduh dan menginstal ROM untuk game yang bukan milik kamu tentu saja itu melanggar hukum. Berikut empat emulator GBA klasik yang bisa kamu mainkan di iPhone.

1. Delta

4 Emulator game boy advance terbaik untuk iOS versi 2024, cocok buat kamu yang kangen masa kecil foto: delta

Delta dengan mudah menjadi salah satu emulator GBA terbaik untuk perangkat iOS. Ini dikemas dengan fitur-fitur seperti dukungan pengontrol, status penyimpanan, dan opsi mempercepat gameplay untuk melewati bagian yang membosankan.

Kamu dapat menginstal Delta dengan melakukan sideload melalui AltStore, dan Delta tidak hanya dapat meniru game GBA tetapi juga menjalankan game SNES, Nintendo DS, N64, dan Sega Genesis. Delta juga mendukung multipemain lokal, dan bahkan memiliki dukungan AirPlay penuh. Artinya kamu dapat menyambungkan iPhone ke TV secara nirkabel dan mencerminkan gameplay saat menggunakan iPhone sebagai pengontrol.

Secara keseluruhan, Delta adalah pilihan yang sangat baik jika kamu ingin meniru tidak hanya judul GBA tetapi juga berbagai konsol retro Nintendo.

2. Provenance EMU

4 Emulator game boy advance terbaik untuk iOS versi 2024, cocok buat kamu yang kangen masa kecil foto: provenanceemu

Provenance EMU, juga tersedia melalui AltStore, menawarkan fitur yang mirip dengan Delta, seperti menyimpan progres permainan di mana pun kamu inginkan dan dukungan pengontrol.

Namun, yang membuatnya menonjol adalah emulator ini memiliki versi khusus untuk tvOS. Jadi, kamu dapat menginstalnya di Apple TV, menyambungkan pengontrol, dan mengubahnya secara efektif menjadi konsol game yang dapat menjalankan ribuan game retro.

Itu bahkan memungkinkan kamu menyinkronkan simpanan menggunakan iCloud, menjadikannya pilihan yang sempurna jika kamu ingin mengambil progres permainan kamu di perangkat lain, seperti iPhone.

Provenance EMU juga mendukung berbagai konsol retro, termasuk Sony PlayStation 1, sehingga lebih fleksibel. Namun, antarmuka penggunanya sering kali terasa sangat kikuk dan tidak memiliki beberapa opsi penyesuaian dibanding Delta.

3. RetroArch

4 Emulator game boy advance terbaik untuk iOS versi 2024, cocok buat kamu yang kangen masa kecil foto: retroarch

Jika kamu pernah mencoba meniru game di perangkat lain, pasti pernah mendengar RetroArch. Ini adalah emulator paling mumpuni dan menyediakan banyak fitur, seperti dukungan untuk multipemain daring, dan kamu dapat menggunakan shader RetroArch untuk meniru tampilan TV CRT.

RetroArch juga merupakan emulator multiguna terbaik, karena selain konsol Nintendo tradisional, kamu dapat meniru game PSP, PS2, DOS, dan banyak lagi.

Perlu dicatat bahwa menginstal RetroArch bisa sedikit merepotkan, dan ada kurva pembelajaran yang lebih curam dalam menyiapkannya. Jika kamu hanya berencana untuk meniru game GBA tanpa modifikasi atau penyesuaian besar-besaran, lebih baik memilih Delta atau Provenance EMU.

4. AfterPlay

4 Emulator game boy advance terbaik untuk iOS versi 2024, cocok buat kamu yang kangen masa kecil foto: afterplay

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan sideloading aplikasi di iPhone, AfterPlay menawarkan alternatif yang nyaman sebagai emulator berbasis browser. Ini berarti kamu dapat memainkan game GBA secara langsung melalui Safari atau browser web lain tanpa harus melakukan sideload aplikasi.

Kamu cukup menuju ke situs web, memuat ROM GBA, dan mulai bermain. Namun, karena berbasis browser, kinerjanya cenderung lebih lambat dibanding emulator lain. Koneksi internet yang andal sangat penting untuk pengalaman bermain game yang lancar.

AfterPlay juga memiliki penyimpanan cloud otomatis, sehingga kamu dapat mengambil data progres permainan di perangkat apa pun selama kamu menggunakan akun yang sama. Meskipun emulasi GBA gratis, mengakses konsol lain seperti Nintendo DS atau PlayStation 1 dan fitur seperti fast-forward, cheat, dan beberapa slot penyimpanan memerlukan langganan premium.

Meskipun tidak satu pun dari emulator GBA untuk iOS ini tersedia di App Store karena kebijakan Apple, kamu dapat melakukan sideload dengan aman menggunakan AltStore. Jika sudah memiliki banyak GBA klasik, kamu dapat mengubah iPhone menjadi pembangkit tenaga game retro dengan emulator GBA yang tepat.

(brl/red)