15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan

15 Cara memperpanjang masa pakai baterai ponsel

11. Gunakan latar belakang gelap

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik

Untuk ponsel Android dengan layar AMOLED yang sangat terang menggunakan banyak daya. Kamu bisa menghemat sebagian daya baterai dengan memilih latar belakang gelap sehingga lebih sedikit piksel yang perlu dinyalakan. Buka Pengaturan > Tampilan > Wallpaper, dan pastikan kamu tidak memilih wallpaper hidup yang membutuhkan daya ekstra.

12. Mengurangi kecerahan layar

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik

Jika daya baterai hampir habis, meredupkan layar akan menjadi perbaikan sementara yang baik hingga kamu dapat menggunakan pengisi daya. Tarik ke bawah menu notifikasi, temukan penggeser kecerahan, dan seret ke tingkat tampilan paling redup yang kamu rasa nyaman.

13. Mengurangi batas waktu layar

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik/tirachardz

Kamu dapat menghemat sedikit daya baterai berkali-kali lipat dengan mengurangi batas aktu layar secara otomatis ke waktu paling minimal, misalnya 15 detik. Buka Pengaturan > Tampilan untuk menyesuaikan batas waktu layar menjadi 15 detik.

14. Matikan fungsi getar

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik/serdjophoto

Jika ponsel cerdas kamu berdering, maka kamu tidak perlu membuatnya bergetar. Buka Pengaturan > Suara dan hapus centang Getar saat berdering. Untuk benar-benar masuk ke mode hemat baterai, matikan umpan balik haptic, getaran kecil yang muncul saat kamu menekan tombol virtual, dengan membuka Pengaturan > Bahasa dan menghapus centang "Getar saat tombol ditekan.

15. Aktifkan mode hemat daya

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: unsplash/amanz

Ponsel cerdas Android, khususnya kelas flagship, biasanya memiliki Mode Hemat Daya yang membatasi beberapa fitur untuk memperpanjang masa pakai baterai. Buka Pengaturan > Penghemat (atau Penghemat Daya). Kamu juga dapat menyempurnakan spesifikasi seperti fungsi untuk menghemat daya CPU, kecerahan layar, atau umpan balik getaran atau tidak. Kamu juga bisa memilih apakah akan mematikan koneksi data saat ponsel cerdas dalam keadaan tidur atau tidak.

Ponsel cerdas yang lebih baru seperti juga memiliki mode hemat daya ultra dan ekstrim di mana koneksi data mati saat layar mati, notifikasi, GPS, Sinkronisasi Otomatis, dan Bluetooth mati, dan hanya aplikasi penting seperti pesan teks, email, dan jam yang diizinkan untuk dijalankan.

(brl/red)