11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama

Techno.id - Tidak sedikit keluhan pengguna iPhone tentang masa pakai dan pengurasan baterai yang cepat dengan setiap pembaruan perangkat lunak baru. Masalah masa pakai baterai iOS dapat disebabkan bug perangkat lunak yang harus diperbaiki Apple, penggunaan GPS yang berlebihan, aplikasi dan game yang menuntut sistem, dan banyak lagi.

Ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone dan mengurangi sumber tersembunyi yang mungkin menyebabkan pengurasan berlebih. Tetapi masalah masa pakai baterai yang disebabkan bug tidak dapat diperbaiki hingga Apple merilis pembaruan untuk mengatasinya. Berikut beberapa tips untuk membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone.

1. Simpan dan gunakan iPhone pada suhu kamar

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama foto: freepik/eva058929

Sinar matahari langsung atau meletakkan iPhone di kompartemen mobil yang hangat akan menghasilkan panas berlebih dan menyebabkan level baterai iPhone kamu turun tajam. iPhone berfungsi dengan baik antara 0 hingga 35 derajat Celcius.

Menurut Apple, lingkungan optimal untuk iPhone dan produk Apple lainnya adalah antara 16 hingga 22 derajat Celcius. Jika di atas 35 derajat C dapat merusak kapasitas baterai secara permanen. Selain melakukan yang terbaik untuk melindungi iPhone dari panas yang berlebihan, kamu harus melepas casing jika mendeteksi casing menjadi hangat saat mengisi daya.

2. Matikan penyegaran aplikasi latar belakang

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi di ponsel kamu akan memuat ulang materinya di latar belakang saat kamu online. Meskipun ini adalah proses latar belakang yang membantu, ini dapat sedikit mengurangi masa pakai baterai. Oleh karena itu, sebaiknya matikan. Dalam mode Daya Rendah, fitur ini dinonaktifkan. Berikut cara mematikan penyegaran aplikasi latar belakang umum untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Umum.

3. Ketuk Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

4. Lalu ketuk Penyegaran Aplikasi Latar Belakang di layar berikutnya.

5. Ketuk Mati.

Atau, pada Halaman Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, matikan pengaturan untuk masing-masing aplikasi.

2. Nonaktifkan layanan lokasi

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Layanan lokasi memang bagus, tetapi layanan tersebut menghabiskan kesehatan baterai terutama jika kamu menjalankannya di semua aplikasi. Mematikan layanan lokasi di iPhone tidak hanya menghemat masa pakai baterai, tetapi juga menghentikan aplikasi melacak keberadaan kamu, sesuatu yang digunakan untuk penargetan iklan.

Kamu tentu saja tetap dapat mempertahankan layanan lokasi di beberapa aplikasi, hanya saja tidak mengaktifkannya untuk semuanya. Untuk mematikan layanan lokasi, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Privasi & Keamanan.

3. Ketuk Layanan Lokasi.

4. Untuk mematikan pengaturan layanan lokasi sepenuhnya, ketuk sakelar "Layanan Lokasi" ke Nonaktif (putih).

Atau, jika kamu lebih suka menyiapkan akses khusus untuk setiap aplikasi, kamu dapat melakukannya di layar yang sama.

4. Nonaktifkan Siri

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama foto: freepik/grinvalds

Jika kamu tidak benar-benar menggunakan Siri, sebaiknya matikan. Cara ini akan menghemat banyak masa pakai baterai, terutama pada model iPhone yang lebih lama. Siri selalu mendengarkan, dan itu membutuhkan daya CPU, dan daya CPU yang berlebihan dapat menghabiskan masa pakai baterai perangkat kamu.

Semakin sedikit permintaan yang kamu buat untuk CPU, semakin baik masa pakai baterai. Jadi jika kamu tidak memerlukan atau menggunakan Siri, matikan sepenuhnya.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Siri & Penelusuran.

3. Alihkan tombol Dengarkan "Hai Siri", Tekan Tombol Samping Untuk Siri, dan Izinkan Siri Saat Terkunci beralih ke Nonaktif (putih).

Saat pop-up muncul, ketuk "Berhenti Menggunakan Siri.

5. Kurangi kecerahan layar

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama foto: freepik

Meningkatkan masa pakai baterai dengan mengurangi kecerahan layar adalah pilihan terbaik. Maklum. layar adalah perangkat keras yang cukup banyak menyedot daya baterai. Begini cara mengurangi kecerahan layar di iPhone.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Tampilan & Kecerahan.

3. Geser penggeser kecerahan ke kiri.

6. Aktifkan kecerahan otomatis

11 Tips yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar tahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu juga dapat mengaktifkan Kecerahan Otomatis sehingga tampilan iPhone secara otomatis disesuaikan dengan kondisi pencahayaan sekitar.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Aksesibilitas.

3. Ketuk Tampilan & Ukuran Teks.

4. Alihkan sakelar Kecerahan Otomatis ke Aktif (hijau).

(brl/red)