11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika sebagian orang lebih memilih menggunakan iPhone bekas pakai ketimbang membeli perangkat Android. Alasannya, mereka bisa mendapatkan smartphone dengan fitur dan performa mumpuni tetapi dibanderol realtif lebih murah.

Nah jika kamu berniat membeli iPhone seken, ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan agar tidak kecele. Nah beberapa tips Techno,id di bawah ini ditujukan untuk kamu yang ingin membeli iPhone bekas secara langsung. Artinya, kamu dapat memeriksa perangkat tersebut dari si pembeli.

Untuk pembelian online, cara ini tidak memungkinkan. Yang bisa kamu lakukan adalah uji tuntas secara online. Penjual yang bereputasi baik akan menyertakan banyak foto yang merinci setiap goresan dan kerusakan lainnya, termasuk deskripsi mendetail tentang barang yang mereka jual.

Umpan balik penjual adalah indikator kualitas barang yang baik, tetapi tidak semua orang yang menjual iPhone lama mereka akan mendapatkan banyak umpan balik. Saat membeli barang secara langsung, kamu juga harus mempertimbangkan keselamatan pribadi.

Bertemu di tempat umum seperti kafe atau pusat perbelanjaan, dan pertimbangkan untuk mengajak seseorang. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk membayar menggunakan cara non tunai. Jika si penjual bersikeras menggunakan uang tunai, periksa barangnya terlebih dahulu lalu lakukan penarikan (sendirian) di ATM.

Hindari bertemu di malam hari, atau di tempat-tempat terpencil seperti tempat parkir. Setujui persyaratan (seperti metode pembayaran dan kemampuan untuk memeriksa barang sepenuhnya) sebelum setuju untuk bertemu dengan penjual, karena ini akan membantu mencegah calon penipu.

Jika penjual tidak mengizinkan kamu memeriksa barang tersebut sebelumnya, mungkin ada yang tidak beres dengannya, atau kamu membeli kotak kosong. Jika penjual bersikeras agar kamu membawa uang tunai bahkan sebelum melihat barangnya, ingat, jangan membahayakan diri sendiri.

Jika penjual tidak menyembunyikan apa pun, mereka akan dengan senang hati kamu memeriksa barang tersebut. Adalah kepentingan mereka untuk bertemu di tempat-tempat umum yang cukup terang di mana mereka juga cenderung merasa aman. Berikut beberapa faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone bekas.

1. Pastikan iPhone menyala

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu foto: freepik/racool-studio

Mungkin hal yang paling penting untuk diperiksa adalah apakah iPhone menyala atau tidak. Ini tampak jelas, tetapi beberapa penjual mungkin mencoba dan menganggap iPhone yang tidak bisa boot memiliki baterai yang mati. Jangan tertipu oleh hal ini, dan pastikan iPhone melakukan booting ke layar kunci atau perintah "Halo".

Selain itu, kamu harus bersikeras untuk meminta iPhone disertakan dengan pengisi daya dan adaptor dinding juga. iPhone tanpa barang-barang ini kemungkinan besar merupakan barang curian. Jika memungkinkan, periksa apakah iPhone juga mengisi daya secara normal. Pertimbangkan untuk membawa powerbank dan kabel daya jika kamu memilikinya.

2. Apakah kunci aktivasi masih diaktifkan?

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu foto: freepik/odua

Setelah iPhone melakukan booting, kamu akan berharap melihat layar kunci yang mengundang pemiliknya untuk memasukkan kode sandi. Jika kamu melihat pesan tentang memasukkan kata sandi untuk mengaktifkan iPhone, kemungkinan itu iPhone curian.

Kamu harus bersikeras agar si penjual mengaktifkan iPhone dengan memasukkan kata sandinya. Kunci Aktivasi dapat dihapus dari iPhone dengan menonaktifkan "Temukan iPhone Saya" di bawah Pengaturan > [Nama Pemilik] > Lacak.

3. Akun ID Apple iPhone sudah terhapus

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu foto: freepik/rawpixel.com

Saat bertemu dengan penjual, akun iPhone mungkin sudah terhapus dan siap dijual. Ini belum tentu merupakan hal yang buruk, tetapi ini menghentikan kamu untuk dapat menguji perangkat sepenuhnya. Kamu mungkin melihat pesan "Halo" atau "Gesek untuk Memulai".

Agar dapat menguji iPhone secara memadai, kamu harus meminta penjual untuk masuk dengan informasi mereka agar ponsel dalam keadaan berfungsi.

Ini mungkin mengharuskan mereka memasukkan kartu SIM untuk mengaktifkan perangkat. Kamu kemudian dapat melakukan beberapa pemeriksaan sebelum memutuskan ingin membeli perangkat tersebut.

Setelah kamu puas dengan iPhone, minta penjual menghapus Kunci Aktivasi dan menghapus iPhone menggunakan "Hapus Semua Konten dan Pengaturan" di bawah Pengaturan > Umum > Transfer atau Setel Ulang iPhone. Ini mengharuskan penjual memasukkan kata sandi ID Apple mereka untuk menonaktifkan Kunci Aktivasi, sehingga kamu tahu bahwa kamu akan dapat menggunakan telepon tersebut setelah memilikinya.

4. Apakah ada kerusakan yang terlihat?

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu foto: freepik/user7520741

Sebagian besar iPhone bekas akan mengalami lecet dan goresan, bahkan jika disimpan dalam casing. Jika iPhone diserahkan kepada kamu dalam sebuah casing, lepaskan untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik. Periksa perangkat sepenuhnya apakah ada tanda-tanda kerusakan yang terlihat, termasuk goresan dan retakan kecil di sekitar tepi layar.

Penyok pada sasis sedikit lebih memprihatinkan karena ini dapat menunjukkan kerusakan pada komponen internal seperti baterai. Periksa untuk melihat apakah iPhone duduk rata di permukaan yang menghadap ke bawah, karena ini akan menunjukkan apakah ada gaya yang menyebabkan sasis tertekuk. Periksa rakitan kamera untuk melihat apakah lensanya rusak atau tergores.

5. Periksa kesehatan baterainya

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu foto: freepik/denisbarysau

Baterai lithium-ion menurun seiring waktu, dan setiap iPhone bekas pasti memiliki baterai yang tidak dapat menampung 100% dari kapasitas aslinya. Kamu dapat menuju ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai untuk memeriksa dua metrik penting, kapasitas maksimum dan kemampuan kinerja.

Kapasitas maksimum akan memberi kamu gambaran kasar tentang berapa banyak daya yang dimiliki baterai saat ini. Apa pun di atas 90% bagus, tetapi semakin rendah angkanya, semakin sedikit waktu yang dapat kamu gunakan di antara pengisian ulang. Yang lebih penting adalah kemampuan kinerja baterai.

Saat kesehatan baterai menurun secara signifikan, iPhone mungkin mulai melambat saat mencoba menyeimbangkan kinerja dengan umur panjang. Jika ada hal lain selain "Kemampuan Kinerja Puncak" yang dilaporkan, inilah saatnya untuk mengganti baterai karena kamu tidak mendapatkan hasil maksimal dari perangkat.

6. Apakah ada bagian yang diganti dan sudah diperbarui?

11 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi agar tidak tertipu foto: freepik/karlyukav

Kamu dapat memeriksa apakah iPhone tersebut adalah model yang diperbarui dengan membuka Pengaturan > Umum > Tentang dan melihat entri "Nomor Model". Jika nomor ini dimulai dengan F, berarti nomor tersebut telah diperbarui oleh Apple atau operator. Itu belum tentu hal yang buruk, tetapi kamu mungkin ingin mengetahuinya. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui apakah perangkat telah diperbarui oleh pihak ketiga.

Jika penjual mengiklankan bahwa baterai telah diganti baru-baru ini, kamu dapat memeriksa suku cadang dan riwayat servis untuk memverifikasi apakah suku cadang Apple asli digunakan atau tidak. Buka Pengaturan > Umum > Tentang dan cari bagian yang relevan di bawah bidang "Nomor Model".

Jika tidak ada yang dicantumkan, iPhone tidak menjalankan iOS 15.2 atau versi lebih baru atau tidak ada yang diganti. Di iPhone yang menjalankan iOS 15.2 atau lebih baru, suku cadang yang telah diganti akan dicantumkan sebagai "Suku Cadang Apple Asli "atau" Suku Cadang yang Tidak Diketahui " jika diganti oleh siapa pun selain Apple.

(brl/red)