Solu, komputer saku dengan penyimpanan cloud hingga 5TB

Solu, komputer saku dengan penyimpanan cloud hingga 5TB

Techno.id - Teknologi selalu berubah dari waktu ke waktu. Entah itu perubahan yang berasal dari mesin ataupun dari sisi desain. Yang pasti, teknologi itu membuat semua perangkat menjadi simpel dan berukuran lebih kecil. Anda tak percaya? Coba tengok komputer saku yang baru diluncurkan oleh Solu.

Solu merupakan komputer bertenaga cloud seukuran saku (4,5 inci). Layanan penyimpanan cloud dari Solu sering disebut sebagai SoluCloud. Karena lebih mengandalkan cloud, maka penyimpanan internal Solu sangat terbatas yakni 2GB.

Sedangkan untuk penyimpanan awannya sendiri, Solu menawarkan dua varian kapasitas yaitu 2TB dan 5TB. Perbedaan dua kapasitas cloud inilah yang menjadikan harga berlangganannya bervariasi. Untuk penyimpanan 2TB dikenakan biaya Rp 263.000 per bulan dan 5TB seharga Rp 676.000 per bulan.

Komputer ini juga mempunyai sebuah layar touchscreen yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi perangkat dengan sentuhan jari-jari mereka. Hal ini sama seperti sedang mengoperasikan sebuah smartphone atau tablet.

Terkait performa, Solu telah dibekali sebuah prosesor Nvidia Tegra K1 dengan RAM 4GB. Tak hanya itu, Solu juga didukung berbagai konektivitas, di antaranya Wi-Fi 802.11a, bluetooth 4.0, dan port USB tipe-C. Nah, USB tipe-C ini dapat juga dimanfaatkan untuk pengisian daya dan penghubung ke layar eksternal (dengan bantuan adapter HDMI).

Lalu, bagaimana dengan sistem operasinya? Solu berjalan pada kernel Linux atau dengan kata lain berjalan di sistem operasi SoluOS. Meski begitu, Solu tetap dapat menjalankan beberapa aplikasi Android. Di samping itu, perangkat ini juga dibekali sebuah baterai berkapasitas 1.200mAh.

Apabila Anda menginginkan komputer Solu, Anda bisa membawanya pulang dengan merogoh kocek sekitar Rp 5,3 juta, seperti yang disadur dari DigitalTrends (30/10/15).

(brl/red)