Samsung Gear 360, 'bola mata' baru untuk merekam keindahan dunia

Samsung Gear 360, 'bola mata' baru untuk merekam keindahan dunia

Techno.id - Tak cuma Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung turut mengenalkan kamera 360 di MWC 2016. Kendati teknologi ini bukan hal baru - bahkan sangat menjamur di pameran CES 2016 Januari lalu, Gear 360 bikinan Samsung ini tetap menarik perhatian.

Dengan bobot yang super ringan, yakni 145 gram saja, Gear 360 memiliki kemampuan yang mumpuni. Senjata utamanya adalah dua lensa 15MP yang masing-masingnya meng-cover 195 derajat dengan aperture f/2.0 serta sepasang microphone di tiap sisinya.

Kamera standalone yang juga bisa dipasangkan dengan Galaxy S7 layaknya GoPro ini juga dilengkapi dengan slot microSD. Untuk kapasitas 128GB, Samsung mengklaim user dapat merekam video hingga maksimal 7 jam. Konektivitas dengan smartphone juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah hasil rekaman kamera yang mirip bola mata ini ke media sosial langsung viaWi-Fi.

Di bagian bawah Gear 360 ini, terdapat mount universal untuk memudahkan user dalam menggunakannya di pelbagai kondisi. Sementara di bagian atasnya ada tiga tombol kecil untuk mengontrol alat ini.

Gear 360 mendukung empat macam mode penggunaan, yakni Video Looping, Video, Photo, dan Time Lapse. Untuk memotret, Anda bisa mengambil gambar maksimal beresolusi 30MP, sementara di Video Mode Anda diperbolehkan merekam dengan kualitas sub-UHD (3840x1920) dalam 30fps.

Yang sedikit menjadi ganjalan, menurut pantauan dari UberGizmo.com (21/02/16), adalah dayanya yang terbatas. Baterai 1.350mAh-nyadikatakan hanya mampu bertahan selama 2 jam saja, jadi Anda membutuhkan baterai cadangan untuk aktivitas merekam seharian dengan Gear 360.

Sejauh ini, belum ada informasi terkait banderol dari perangkat yang akan diluncurkan pada kuartal kedua 2016 itu. Namun, kisaran harganya bisa jadi setara dengan Gear VR.

(brl/red)