Pasar audio nirkabel bernilai tiga kali lipat dari smartphone

Pasar audio nirkabel bernilai tiga kali lipat dari smartphone

Techno.id - Tingginya pasar smartphone dewasa ini ternyata berdampak pada pasar perangkat audio nirkabel (wireless). Menariknya, pertumbuhan pasar audio wireless bahkan melebihi pasar smartphone itu sendiri hingga tiga kali lipat.

Sebagaimana dikutip dari VentureBeat (29/10), tercatat, nilai pasar audio wireless selama tujuh tahun terakhir adalah sebesar USD 38,5 miliar. Sedangkan di tahun 2014 sendiri, nilai pasar audio wireless adalah sebesar USD 6,9 miliar.

Atas dasar tersebut, lembaga riset Transparency Market Research (28/10) memprediksi bahwa di tahun 2015 hingga tahun 2022 mendatang, nilai pasar tersebut bakal meningkat hingga sebanyak 24 persen.

Pasar audio nirkabel bernilai tiga kali lipat dari smartphone

Sebagai perbandingannya, International Data Corporation (IDC) sebelumnya telah merilis nilai pasar smartphone hingga lima tahun ke depan. Menurut IDC, nilai pasar smartphone mulai tahun 2015 hingga tahun 2019 hanyalah sebesar delapan persen.

Adapun pasar audio nirkabel terbesar saat ini didominasi oleh Eropa dan Asia Pasifik. Sedangkan penguasa di segmen ini di antaranya adalah Apple, Bose, Harman, Sennheiser, Sony, dan Philips.

"Pergeseran tren ke perangkat portabel seperti smartphone, tablet, dan perangkat multimedia lainnya merupakan salah satu faktor kunci dari permintaan perangkat audio wireless yang meningkat di level global," tulis Transparansi Market Research dalam laporannya.

(brl/red)