Qualcomm merilis Snapdragon Smart Protect untuk menangkal malware

Qualcomm merilis Snapdragon Smart Protect untuk menangkal malware

Techno.id - Qualcomm hari ini memperluas kepemimpinan teknologi keamanan mobile dengan memperkenalkan Snapdragon Smart Protect. Qualcomm juga menyatakan bahwa teknologi ini akan memberikan perlindungan canggih pada ancaman malware dan peningkatan privasi.

Teknologi Snapdragon Smart Protect pertama kali akan mendarat pada perangkat yang mengadopsi prosesor Snapdragon 820. Selain itu, aplikasi pertama yang juda menyertakan teknologi ini adalah Qualcomm Zeroth. Aplikasi tersebut nantinya akan ditambahkan solusi anti malware yang dapat mendeteksi malware secara real-time, seperti yang dilansir oleh AndroidCentral (31/8/15).

Selain itu, Smart Protect akan bertindak sebagai layanan anti malware berbasis signature yang mampu mengidentifikasi ancaman baru sebelum pembaruan hadir. Teknologi dari Qualcomm ini akan memantau aplikasi dan layanan yang berjalan untuk memastikan keduanya tidak mendapat gangguan aktivitas berbahaya. Bahkan, Qualcomm juga akan menyediakan API untuk melakukan analisis.

Agar teknologi ini dapat berjalan pada aplikasi anti malware komersial, Qualcomm bekerja sama dengan Avast, AVG, dan Lookout. Di samping itu, Snapdragon Smart Protect juga terdapat dalam Qualcomm Haven security suite yang merupakan teknologi keamanan berbasis hardware untuk membuat prosesor Snapdragon tahan terhadap serangan cyber. Teknologi ini diharapkan akan tersedia di perangkat konsumen pada tahun 2016.

(brl/red)