CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 4 Februari 2016 06:00

Penyakit overheating Snapdragon 810 menular ke MediaTek Helio X20

HTC dan Xiaomi memutuskan untuk meninggalkan MediaTek Helio X20.

Penyakit overheating Snapdragon 810 menular ke MediaTek Helio X20

Techno.id - Tahun lalu, keresahan pengguna terhadap chipset Qualcomm Snapdragon 810 memang tak dapat dibendung. Pasalnya, chipset tersebut dikabarkan mudah panas atau overheating. Kini, penyakit yang paling dibenci pengguna smartphone ini nampaknya sudah menular ke MediaTek Helio X20.

Menurut laporan terbaru dari Tiongkok, MediaTek Deca-core Helio X20 sepertinya sedang menghadapi masalah overheating. Hal ini membuat produsen chipset asal Taiwan ini merasa khawatir karena mereka tak akan dapat mengatasi masalah overheating dalam waktu yang singkat, seperti yang dilaporkan oleh Softpedia (2/2/2016).

Akibatnya, beberapa vendor smartphone ternama seperti HTC dan Xiaomi memutuskan untuk membatalkan penggunaan prosesor MediaTek Helio X20. HTC dan Xiaomi lebih memilih untuk mencari alternatif chipset lain daripada menanggung masalah di akhir produksi.

Sebenarnya, permasalahan pada MediaTek Helio X20 ini sudah tercium sejak awal manakala kemampuan Wi-Fi tak sesuai dengan tugasnya. Namun, permasalahan tersebut tak berlangsung lama dan segera diperbaiki oleh MediaTek. Kemudian, begitu selesai dengan masalah Wi-Fi, muncul bug lain dan langsung menyerang bagian SoC (overheating).

Sekadar info, MediaTek belum memulai produk massal dari Helio X20. Jadi, mungkin MediaTek akan menunda proses manufaktur dan tidak akan merilisnya tahun ini. Terlebih, MediaTek juga tak memiliki alternatif lain karena mereka hanya mengandalkan Helio X20.

WHAT TO READ NEXT ?