Ketika 5 chipset ternama saling bertarung, mana yang lebih unggul?

Ketika 5 chipset ternama saling bertarung, mana yang lebih unggul?

Techno.id - Beberapa waktu yang lalu, chipset Snapdragon 820 telah diperkenalkan ke publik. Menurut Qualcomm, chipset terbarunya akan memberikan berbagai perbaikan khususnya untuk masalah overheating. Tak hanya Snapdragon saja, chipset ternama seperti Kirin 950 juga sudah dirilis secara resmi dan bakal disematkan pada Huawei Mate 8.

Lalu, dari sekian banyak chipset yang telah melanglang buana ke dunia gadget, siapa saja yang bisa dikatakan lebih unggul? Pertanyaan seperti ini pastinya pernah muncul di benak Anda. Namun, karena belum ada daftar perbandingan chipset terbaru, maka urutan chipset terbaik tak bisa diketahui.

Untunglah, kini telah muncul perbandingan chipset terbaik dari hasil pengujian GeekBench3 yang diperlihatkan lewat Weibo (untuk pengujian single core). Dari daftar tersebut terlihat lima chipset ternama saling bertarung, seperti Snapdragon 820, Apple A9, Exynos 8890, MediaTek Helio X20, dan Kirin 950. Kelimanya telah dipertemukan di medan perang sejak tahun 2013 hingga tahun 2015. Bahkan, daftar GeekBench3 juga memprediksi bagaimana perhelatan ini akan terus berlangsung hingga tahun depan.

Ketika 5 chipset ternama saling bertarung, mana yang lebih unggul?

Bila diamati secara keseluruhan dari tahun ke tahun, yang menunjukkan performa terbaik tetaplah chipset keluaran Apple. Chipset Apple A9 itu mulai menduduki tahta tertinggi manakala dia sudah menginjakkan kakinya pada tahun 2013 semester pertama hingga tahun 2016. Sedangkan posisi kedua dipegang oleh Exynos. Chipset besutan Samsung ini sempat berada di urutan pertama pada semester pertama tahun 2013 dan menurun ke posisi kedua mulai semester kedua tahun 2013 hingga tahun 2016.

Pada urutan ketiga dari daftar tersebut, diambil oleh chipset Snapdragon. Chipset dari Qualcomm ini selalu stabil di peringkat ketiga mulai tahun 2013 hingga tahun 2016. Kemudian sisanya, untuk urutan keempat dan kelima, masing-masing dipegang oleh Kirin dan MediaTek. Keduanya selalu memperebutkan peringkat keempat dari tahun ke tahun. Hal ini karena keduanya selalu terlihat berganti-ganti antara posisi empat dan lima.

Untuk tahun depan, pastilah chipset Apple A9 yang menjadi juaranya. Chipset ini memiliki poin 2527. Kemudian, disusul oleh Exynos 8890 dengan poin 2270, Snapdragon 820 dengan poin 2250, MediaTek dengan poin 1890, dan terakhir Kirin 950 dengan poin 1820, seperti yang disadur dari PhoneArena (12/11/15).

(brl/red)