CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 Maret 2016 12:00

Ongkos produksi layar AMOLED kini lebih murah dari LCD

Cuma dibutuhkan Rp190 ribuan untuk membuat layar AMOLED 5 inci beresolusi full-HD, sementara produksi LCD memerlukan Rp194 ribuan.

Ongkos produksi layar AMOLED kini lebih murah dari LCD

Techno.id - Semakin banyak pasokan suatu barang, tentu harganya pun semakin murah, terlebih jika konsumennya semakin luas. Itulah yang terjadi dengan salah satu komponen smartphone terpenting saat ini, panel AMOLED. ETNews.com (24/03/16) melaporkan bahwa biaya produksi layar ponsel termutakhir itu sudah lebih rendah ketimbang LCD.

Mengutip data dari IHS Technology, ongkos yang diperlukan vendor untuk membuat sebuah layar AMOLED smartphone 5 inci beresolusi full-HD di kuartal pertama ini hanya Rp190 ribuan. Sementara pembuatan LCD dengan kriteria yang sama membutuhkan Rp194 ribuan per buah.

Menariknya, akhir 2015 kemarin harga produksi AMOLED masih lebih mahal dibanding LCD, yakni Rp230 ribuan berbanding Rp210 ribuan.

Fakta ini bisa saja berakibat pada meluasnya penggunaan panel AMOLED dalam waktu dekat. Jadi, tak hanya smartphone premium yang bakal menyediakan fitur layar AMOLED, ponsel kelas menengah pun diprediksi segera meninggalkan LCD.

Terlebih, salah satu pemasok utama panel AMOLED di industri saat ini, Samsung Display, disebut sudah mulai menjajakan produknya ke para produsen smartphone asal Tiongkok. Nampaknya, tinggal menunggu waktu saja sampai panel AMOLED diusung ramai-ramai oleh vendor seperti Xiaomi hingga Coolpad, tak cuma oleh ponsel Samsung dari lini Galaxy saja.

Sebagai gambaran, layar AMOLED saat ini diakui sebagai panel terbaik di smartphone. Kelebihannya antara lain: responsnya cepat, lebih cerah, reproduksi warnanya lebih akurat, kontras lebih tajam, dan lain-lain.

WHAT TO READ NEXT ?