CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 3 Oktober 2015 05:00

Oculus Rift untuk konsumen mungkin dijual mahal, ini alasannya

"Alasannya ialah karena kami telah menambahkan beragam teknologi pada perangkat ini, melebihi dari yang ada di DK1 dan DK2."

Oculus Rift untuk konsumen mungkin dijual mahal, ini alasannya

Techno.id - Perkembangan virtual reality (VR) sekarang sedang menggila. Baru di akhir September lalu, Oculus bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan Gear VR untuk level konsumen. Sebentar lagi, tepatnya awal tahun depan, Oculus Rift juga dijadwalkan siap rilis.

Namun, Anda nampaknya harus mulai menabung dari sekarang, karena kemungkinan, banderol Oculus Rift untuk kelas konsumen itu dipastikan lebih mahal. Kisarannya bisa jadi di atas Rp5 jutaan.

Palmer Luckey, founder Oculus, membocorkan alasan dari naiknya harga perangkat tersebut. Menurutnya, dibandingkan dengan Rift Development Kit (DK) 1 dan 2, Oculus Rift kelas konsumen sudah memiliki peningkatan teknologi.

"Alasannya ialah karena kami telah menambahkan beragam teknologi pada perangkat ini, melebihi dari yang ada di DK1 dan DK2," demikian terang Palmer, seperti dikutip dari RoadToVR.com (30/09/15).

Ia turut menekankan bahwa Oculus tak asal menarik untung karena produknya ternyata laku di pasaran. Palmer ingin bahwa perangkat VR pertama yang ia tawarkan pada konsumen ialah yang terbaik, sehingga akan lebih banyak orang yang tertarik dengan virtual reality.

Menurut Palmer, Oculus Rift adalah perangkat yang rumit. Lensanya saja menggunakan produk yang cukup sulit dibuat. Perusahaan yang bernaung di bawah Facebook itu juga bermitra dengan Samsung untuk menciptakan layarnya yang berspesifikasi khusus. Sementara sistem tracking-nya pun tak sembarangan.

WHAT TO READ NEXT ?