CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 10 Desember 2015 09:00

Mozilla hentikan produksi smartphone Firefox OS

Mozilla lebih cocok mengembangkan web browser daripada smartphone.

Mozilla hentikan produksi smartphone Firefox OS

Techno.id - Hari ini, secara resmi Mozilla mengakhiri produksi smartphone. Mozilla tidak akan mengembangkan atau menjual smartphone dengan sistem operasi Firefox lagi. Sebelum pengumuman resmi ini, para pengembang Mozilla di Orlando sudah membicarakan desas-desus pemberitaannya melalui Twitter.

Kini, Mozilla memberikan penyataan resmi yang disampaikan langsung oleh Ari Jaaksi, SVP Mozilla. Dia mengatakan sangat bangga dengan eksperimen yang telah dilakukan perusahaan untuk mengembangkan smartphone Firefox OS. Namun, sepertinya usaha mereka belum bisa memuaskan para konsumen.

"Kami bangga dengan Firefox OS yang telah ditambahkan ke platform Web. Kami akan terus bereksperimen dengan sistem operasi tersebut. Kami juga akan terus membangun segala sesuatu khususnya proyek open source. Firefox OS terbukti fleksibel untuk Web. Dari mulai smartphone low-end sampai ke TV HD. Sayangnya, kami tidak mampu memberikan pengalaman yang terbaik pada perangkat smartphone. Jadi, kami memutuskan untuk menghentikan penjualan smartphone Firefox OS," Ari Jaaksi, seperti disadur dari TechCrunch (9/12/2015).

Usaha yang dirintis Mozilla memang belum lama. Firefox OS baru diperkenalkan pada tahun 2013 silam. Jadi, tak mengherankan jika dalam kurun waktu dua tahun belum terlihat antusias konsumen pada perangkat Firefox OS. Mungkin kegagalan Mozilla dalam industri smartphone karena hanya mengandalkan Firefox OS asli pada perangkat tersebut. Mereka kurang mewaspadai bahwa vendor smartphone lain sudah memberikan berbagai fitur dan spesifikasi yang sangat menjanjikan.

Meski begitu, Mozilla nampak menunjukkan keberhasilan dari sisi web browser. Belum lama ini Mozilla juga meluncurkan pemblokir iklan baru yang memberikan privasi serta pelacakan pengguna dan cookies. Semoga dengan menghentikan produksi smartphone ini, Mozilla bisa lebih berkonsentrasi untuk mengembangkan web browser.

WHAT TO READ NEXT ?