Mozilla Firefox siap tampung plugin Google Chrome

Mozilla Firefox siap tampung plugin Google Chrome

Techno.id - Secara resmi, Mozilla telah mengumumkan sejumlah perubahan terkait fitur add-on pada Firefox. Dalam blog resmi mereka (21/08/15), salah satu perubahan itu ialah Firefox siap menampung extension application yang biasanya hadir di Google Chrome maupun Opera.

Ini adalah efek dari diberlakukannya ekstensi API baru yang bernama WebExtensions. Dengan harapan untuk membuat browser berlogo rubah itu semakin aman dan stabil kinerjanya, langkah ini juga akan memudahkan pada developer aplikasi untuk menerapkan extension buatannya ke platform browser yang lebih banyak.

Namun, tak sembarangan extension bisa digunakan di Firefox. Pasalnya, Mozilla akan mengecek dan memvalidasi semua extension yang ditujukan untuk Firefox mulai versi 41, yang akan dirilis 22 September mendatang. Hal ini semata-mata untuk tetap menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna.

Adapun perubahan lain yang sedang dipersiapkan oleh Firefox, antara lain dalam hal tab management. Mereka nampaknya akan meniru cara Chrome dalam menangani tab, yakni dengan memisahkan browser dan konten web dari tiap tab, sehingga ketika satu tab mengalami crash, tab lainnya tak akan terganggu.

(brl/red)