CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 28 Maret 2015 02:00

Mouse ini dikontrol dengan lidah

Penderita tunadaksa (gangguan pada tulang, otot atau sendi) dapat menggunakan lidahnya untuk mengontrol mouse ini.

Mouse ini dikontrol dengan lidah

Techno.id - Sekarang ini teknologi yang disematkan pada mouse memiliki variasi yang beraneka ragam. Begitu juga teknologi baru pada mouse yang diletakkan di dalam mulut ini.

Mouse ini menggunakan sensor magnet sebagai pengontrolnya. Sensor magnet tersebut disematkan di ujung lidah dengan receiver yang diletakkan pada gigi geraham atas dan bawah.

Cara kerja mouse ini tidak begitu rumit namun perlu latihan. Ketika lidah digerakkan dekat dengan geraham kanan maka sensor akan menggerakkan kursor ke kanan begitu juga sebaliknya.

Sebenarnya mouse mulut ini ditujukan untuk penderita tunadaksa (gangguan pada tulang, otot atau sendi). Nantinya para penderita yang tidak mampu menggunakan mouse dengan tangannya (lumpuh) dapat mencoba menggunakan mouse ini, seperti yang dikutip dari Buqutech.

Sementara ini mouse sensor magnet sedang diujikan pada 11 penderita cedera tulang belakang. Selain itu mouse ini masih dalam tahap pengembangan oleh Georgia Tech yang dikenal dengan nama Sistem Kendali Lidah (Tongue Drive System).

Harapannya mouse mulut ini dapat difungsikan seperti smartphone untuk mengontrol perangkat lainnya seperti Smart TV, AC, lampu pintar, dan lain lain.

WHAT TO READ NEXT ?