CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 14 September 2015 10:00

Menjajal kekuatan Sony Xperia M4 Aqua

Sampai di mana kehebatan Sony Xperia M4 Aqua? Daripada penasaran, simak saja review berikut ini...

Menjajal kekuatan Sony Xperia M4 Aqua

Techno.id - Fitur tahan air di smartphone Sony sudah jadi ikon khusus. Memang sejak diperkenalkan di seri Xperia Z, banyak produk buatan perusahaan asal Jepang itu yang lahir dengan mengusung fitur tahan air dan debu jadi kekuatan utamanya.

Xperia M4 Aqua merupakan satu produk baru buatan Sony yang tahan air untuk pasar kelas menengah. Pendahulunya, Xperia M2 dan M2 Aqua dipasarkan Sony ke Indonesia belum sampai setahun. Meski belum begitu lama, Sony mengaku telah memberikan pembaruan yang signifikan di versi baru produknya.

Sekilas, Xperia M4 Aqua tampak sangat mirip dengan Xperia Z3+ yang diperuntukkan bagi pasar premium. Boleh dibilang handset ini obat luka bagi pasar yang ‘kasih tak sampai’ pada Xperia Z3+ yang dibanderol dengan harga dua kali lipat lebih mahal.

Secara harga, Xperia M4 Aqua terbilang kalah menarik dari produk sekelas buatan vendor lain bila dilihat hanya dari spesifikasinya. Namun, Sony rupanya telah membenami berbagai kekuatan dan senjata di handset kelas menengah terbaru buatannya itu. Seperti apa kekuatan handset ini?

Desain
Kemewahan desain seri kelas atas keluarga Xperia ditularkan Sony di ponsel kelas menengah ini. Model desain OmniBalance terbaru yang dipakai pada handset flagship Xperia Z3+ diwariskan ke Xperia M4 Aqua membuat keduanya terlihat bak saudara kembar.

Penggunaan kaca di bagian depan dan belakang ponsel semakin membuat Xperia M4 Aqua tampil mewah dan anggun ketika berada di dalam genggaman. Material yang dipakai sebenarnya bukan benar-benar kaca melainkan plastik yang dioprek Sony.

Menariknya, Sony menyematkan desain bodi terbuka yang tak pernah disediakan vendor lain di perangkat yang tahan air. Terlihat dari port USB dan jack audio 3.5mm yang dibiarkan terbuka tanpa katup penutup yang biasa hadir di ponsel tahan air buatan vendor lain.

Sebenarnya, seri awal Xperia buatan Sony juga dilengkapi katup dengan karet penahan air. Tapi seiring berjalannya waktu, pengalaman dan teknologi yang dimiliki Sony membuatnya percaya diri untuk tak lagi memakai katup karet itu di ponsel tahan air besutannya. Ragu akan ketahanan airnya? Mungkin sertifikasi IP68 yang dikantonginya bisa jadi penguat keyakinan atas kemampuan M4 Aqua.

WHAT TO READ NEXT ?