'Lensa' fix 50mm ini bisa sikat habis debu yang menempel dalam kamera

'Lensa' fix 50mm ini bisa sikat habis debu yang menempel dalam kamera

Techno.id - Memiliki kamera DSLR memang butuh perawatan ekstra. Tak hanya bagian luarnya saja yang perlu dirawat, namun bagian dalam seperti mirror dan sensor juga harus dijaga. Terlebih jika kita sering mengganti kamera di luar ruangan dan besar kemungkinan bagi debu untuk 'mampir' dan singgah di dalam kamera.

Pembersih bagian dalam kamera yang banyak dijual di pasaran terkadang tak mampu bekerja dengan sempurna. Seperti yang telah diberitakan oleh DIY Photography pada hari Rabu (23/09/15) lalu, sebuah 'lensa' telah dirilis ke pasaran untuk membersihkan debu yang menempel di bagian dalam kamera. Lensa?

'Lensa' fix 50mm ini bisa sikat habis debu yang menempel dalam kamera

Ya, benda ini sekilas terlihat mirip dengan lensa fix 50mm. Namun 'lensa' yang bernama Fujin Mark II ini sebenarnya adalah vacuum cleaner. Fujin juga tersedia untuk mounting Canon EF dan Nikon F.

Mengandalkan 4 baterai AAA, Fujin Mark II bekerja dengan sangat mudah. Karena memang kompatibel dengan mounting kamera, Anda tinggal memasangnya saja pada body, lalu menyalakannya. Dalam sekejap, debu yang menempel akan tertiup ke luar kamera.

Berikut adalah video demonstrasi, ketika Fujin Mark II menghisap dan membuang kertas yang telah dialiri listrik statis dan menempel dengan erat.

Sedangkan video yang satu ini adalah Fujin Mark II ketika dipakai untuk membuang serpihan styrofoam. Tertarik untuk memilikinya? Fujin Mark II hanya dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 263.000 saja.

(brl/red)