CONNECT WITH US
Erick |
 3 April 2016 07:00

Apakah perbedaan RAM iPhone SE dan 5s cukup berarti?

Kedua ponsel ini memang sepintas tampak sama persis. Namun dengan perbedaan RAM, apakah membawa pengaruh besar pada iPhone SE?

Apakah perbedaan RAM iPhone SE dan 5s cukup berarti?

Techno.id - Kehadiran iPhone SE memang jadi magnet tersendiri, tak hanya bagi pengguna produk Apple, namun juga para pemakai handset berbasis Android yang ingin menyeberang ke iOS. Bagaimana tidak, ponsel berukuran 4 inci tersebut memang dibekali dengan sejumlah spek dan fitur menawan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Bicara soal spek, iPhone SE dibekali dengan RAM sebesar 2GB. Sedangkan kembarannya, iPhone 5s hanya mengusung RAM sebesar 1GB saja. Seberapa jauh perbedaan RAM tersebut berpengaruh pada kedua ponsel besutan Apple ini?

Perbedaan performa iPhone SE dan 5s
© 2016 9to5mac.com/9to5mac.com

Sebuah uji coba pun dilakukan. Mulai dari melakukan multitasking (yang ternyata tak tampak perbedaan apapun) hingga akhirnya kedua ponsel tersebut dipaksa untuk membuka banyak tab menggunakan Safari Browser.

Akhirnya, perbedaan RAM pun terasa ketika digunakan untuk browsing. Dengan jumlah tab yang sama banyak, iPhone 5s beberapa kali harus me-refresh halaman karena RAM penuh. Sedangkan iPhone SE yang mengusung RAM 2 kali lipat tak perlu melakukan refresh.

Setidaknya, uji coba tersebut memberikan jawaban pasti bagi pengguna iPhone 5s yang ragu, apakah mereka harus meng-upgrade ponselnya ke iPhone SE, mengingat desain dan dimensinya sama persis. Untuk lebih jelasnya, tonton saja video uji coba tersebut berikut ini...

WHAT TO READ NEXT ?