CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 22 Maret 2016 17:00

iPhone SE diperkenalkan, haruskah pemilik iPhone 5s upgrade?

Secara garis besar, iPhone SE dan iPhone 5s bagai pinang dibelah dua. Jadi, kenapa harus upgrade?

iPhone SE diperkenalkan, haruskah pemilik iPhone 5s upgrade?

Techno.id - Desain lama performa baru. Setidaknya kalimat itulah yang paling tepat untuk menggambarkan iPhone SE, smartphone 4 inci terbaru dari Apple. Ya, dini hari tadi, iPhone SE resmi diperkenalkan.

Secara garis besar, iPhone SE adalah saudara kembar iPhone 5s. Pertanyaannya, haruskah para pemilik iPhone 5s mengupgrade perangkat mereka? Berikut beberapa jawaban yang bisa dipertimbangkan.

Pertama, menyimpan iPhone SE di saku akan tampak seperti mengantongi iPhone 5s. Singkat kata, iPhone SE dan iPhone 5s ibarat pinang dibelah dua. Jika ingin terlihat berbeda, kantongi saja iPhone SE warna Rose Gold.

Kedua, pemilik iPhone 5s tak perlu bingung dengan aksesoris yang sudah mereka beli walaupun telah berganti ke iPhone SE. Nyatanya, layar LCD pada iPhone SE dan iPhone 5s sama-sama 4 inci beresolusi 1136 x 640 piksel.

Ketiga, iPhone SE memang dibekali spesifikasi lebih tinggi dan sistem operasi lebih baru. Sayangnya, baik iPhone SE maupun iPhone 5s masih belum menyertakan fitur Apple 3D Touch, sebagaimana tersedia di iPhone 6 dan saudara-saudaranya.

Kesimpulannya, iPhone SE adalah iPhone 5s di luar dan iPhone 6s di dalam. Jika memilih iPhone SE, maka pemilik iPhone 5s bisa menikmati Apple Pay, CPU/GPU dan iSight camera yang lebih baik.

Kendati demikian, memilih iPhone SE daripada iPhone 6s juga ada konsekuensinya. Para pemilik iPhone 5s akan kehilangan fitur 3D Touch, kamera depan yang lebih baik, serta layar yang lebih luas (4,7 inci).

WHAT TO READ NEXT ?