CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 14 Februari 2016 22:00

Ini dia, drone mini yang bisa melaju mulus tanpa dikendalikan manusia

Drone mampu melaju lurus tanpa dikendalikan dengan kecepatan hingga 20 menit per detik.

Ini dia, drone mini yang bisa melaju mulus tanpa dikendalikan manusia

Techno.id - Meski berukuran mini, bukan berarti pesawat tanpa awak besutan Defense Advanced Research Projects Agency alias DARPA ini tak mempunyai kelebihan. Drone yang ukurannya tak lebih besar dari kotak sepatu ini dilaporkan bisa melaju tanpa sendiri dengan kecepatan hingga 20 menit per detik.

Ya, sebagaimana dilansir oleh BusinessInsider (14/2/16), drone mini buatan DARPA ini memang dapat melaju dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Bahkan, selain bisa melaju dengan kecepatan tinggi drone ini juga mampu melaju sendiri alias self-driving.

Kemampuan tersebut diakui pihak DARPA tak lepas dari adanya platform quadcopter yang tertanam di dalam drone. Platform yang terdiri dari sensor dan kamera ini memungkinkan perangkat mampu bergerak dengan kecepatan penuh tanpa perlu dikontrol pergerakannya oleh manusia.

Meski tak dikontrol oleh manusia, dalam uji coba yang dilakukan oleh tim peneliti di sebuah gudang drone nampak berjalan mulus. Drone bisa bergerak dengan kecepatan maksimal dengan track yang lurus melewati tumpukan kardus atau barang-barang.

Kendati demikian, tim peneliti mengaku saat ini masih mengembangkan teknologi untuk drone mini tersebut. Pasalnya, dalam uji coba yang dilakukan para peneliti masih menemukan kesulitan ketika hendak menggerakkan drone pada medan berbelok-belok.

Nah, jika Anda penasaran dengan kemampuan drone mini besutan DARPA ini, silakan simak video uji coba berikut ini.

WHAT TO READ NEXT ?