Gabungkan teknologi dan fashion, gaun ini mampu kenali emosi manusia

Gabungkan teknologi dan fashion, gaun ini mampu kenali emosi manusia

Techno.id - Selama ini, gaun hanya dipergunakan untuk mempercantik penampilan seorang wanita. Namun, tidak demikian dengan gaun ciptaan Tifanny Trenda ini.

Gaun yang dijuluki Ubiquitos State ini dilaporkan tak hanya bisa mempercantik tampilan si pemakai tapi juga dapat mengenali keadaan emosi pemakainya. Seperti dilansir oleh TheGuardian (7/1/16), gaun yang dicetak menggunakan printer 3 dimensi ini mampu menyelidiki kompleksitas emosi pemakai gaun melalui sinyal detak jantung.

Tak hanya itu, gaun dengan dominasi warna hitam ini juga kabarnya mampu mengenali interaksi emosional antar manusia. Caranya, si pemakai gaun hanya perlu menyentuh tangan orang lain untuk menjalin interaksi emosi mendalam.

Selanjutnya, sensor EKG yang terletak di ujung permukaan lengan gaun bakal merekam denyut jantung orang lain maupun pemakai gaun. Dengan bantuan headphone, baik pemakai gaun atau orang yang tangannya disentuh bakal mendengarkan rekam sinyal denyut jantung masing-masing dan menyinkronisasikannya.

Hasilnya, jika memiliki tingkat emosi yang sama maka akan muncul ilustrasi gambar dengan warna sama pada layar yang terletak pada bagian dada gaun.

Sayangnya, gaun rancangan Trenda ini masih menuai pro kontra. Terlebih dari para pakar teknologi dan psikologi. Dr Panagiotis Mitkidis dari Aarhus University Denmark menyampaikan dukungannya terhadap gaun ini. Menurutnya, mungkin saja sinkronisasi fisiologis bisa terjadi saat si pemakai gaun bersentuhan dengan orang lain.

Namun tidak dengan Dr Ivana Konvalinka peneliti sistem kognitif dari Technical University of Denmark. Dr Konvalinka mengungkap jika hasil rancang gaun Trenda ini indah namun belum sepenuhnya bisa membuktikan bahwa interaksi emosional mampu dibaca hanya dengan sentuhan melalui gaun dan layar.

(brl/red)