Leica M Monochrome, kamera retro seharga mobil

Leica M Monochrome, kamera retro seharga mobil

Techno.id - Baru-baru ini, Leica mengumumkan kamera versi terbaru yang hanya dikhususkan untuk menembak foto hitam dan putih. Ya, kamera Leica M Monochrome versi Typ 246 ini disinyalir mampu memperbaiki kualitas gambar dari pendahulunnya dengan kamera beresolusi 24MP serta sensor CMOS hitam-putih seperti yang dikutip dari Gizmag.

Leica M Monochrome sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2012 silam. Kamera yang selalu mengandalkan kualitas warna hitam-putihnya ini tetap menjaga bentuk bodi retro yang elegan. Sepertinya, bodi retronya ini telah menjadi identitas yang tak akan ditinggalkan Leica. Jika ada perubahan, kemungkinan Leica hanya berubah pada kecanggihan fitur serta tata letak tombol pengoperasian yang dibuat lebih mudah.

Semua yang terdapat pada Leica M Monochrome nyaris mengalami peningkatan. Salah satunya, tingkat ISO yang sebelumnya ISO 10000 naik menjadi ISO 25000. Kemudian proses data dan buffer atau penampungan sementaranya juga meningkat menjadi 2GB. Tak hanya itu, layar LCD Leica juga ditingkatkan menjadi 3 inci dan dilapisi dengan Sapphire Crystal screen yang tahan terhadap goresan.

Kamera Leica M Monochrome juga mampu merekam video Full HD 1080p pada 25/24fps. Menariknya lagi, Leica menawarkan Live View yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk melihat dari viewfinder. Bahkan, terdapat dua Live View di antaranya Live View Zoom untuk memberikan kontrol penuh ketajaman dan Live View Focus yang secara otomatis terfokus pada tepi gambar dengan garis berwarna.

Jika Anda bosan dengan gambar hitam putih pada Leica, Anda dapat menggunakan efek lain seperti sepia, cold atau selenium. Anda bisa membawa pulang kamera ini dengan dana sebesar Rp 97,5 juta.

(brl/red)