Dot, smartwatch unik dengan huruf braille

Dot, smartwatch unik dengan huruf braille

Techno.id - Bermaksud memenuhi kebutuhan kaum tuna netra akan teknologi, perusahaan asal Korea Selatan baru-baru ini meluncurkan smartwatch yang diberi nama Dot. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan teknologi huruf braille sehingga pengguna yang memiliki gangguan penglihatan pun bisa menikmati sensasi penggunaan smartwatch seperti orang pada umumnya.

Seperti dikutip dari AndroidAuthority (4/8/15), Dot sebenarnya memiliki fitur yang tak jauh beda dengan smartwatch kebanyakan, seperti menunjukkan waktu, arah navigasi, reminder, serta berkomunikasi dengan teman-teman pengguna. Dot bahkan juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth 4.0 yang memungkinkan pengguna terhubung dengan perangkat lainnya dengan mudah.

Dot, smartwatch unik dengan huruf braille

Bahkan, jika dilihat sekilas, tampilan Dot tak jauh berbeda dengan smartwatch besutan Apple. Namun, jika Anda mengamati lebih dalam, maka Anda akan mendapatkan tampilan layar yang terdiri dari beberapa bulatan kecil.

Bulatan-bulatan kecil tersebut bisa timbul tenggelam untuk membantu para pengguna mengeja kata-kata dalam huruf braille ketika pengguna menempatkan jari mereka di atasnya. Pengguna bahkan dapat menyesuaikan kecepatan timbul dan tenggelamnya bulatan, sehingga memungkinkan pengguna untuk membaca notifikasi maupun memeriksa waktu dengan kecepatan waktu yang diinginkan.

Dot, smartwatch unik dengan huruf braille

Fitur tampilan huruf braille ini bahkan bisa dimanfaatkan pengguna untuk membaca buku secara online. Ya, tampilan unik tersebut juga bisa dimanfaatkan pengguna sebagai fitur bacaan untuk buku e-reader berbasis huruf braille.

Perangkat ini bakal mulai resmi diluncurkan pada awal Desember nanti. Namun, jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda bisa memesan dengan sistem pre-order melalui situs resminya dengan harga Rp 4.045.500,-.

(brl/red)