Cisco luncurkan paket baru ASA With FirePOWER Services

Cisco luncurkan paket baru ASA With FirePOWER Services

Techno.id - Dalam laporan Cisco 2015 Annual Security Report, telah terjadi peningkatan serangan malvertising hingga sebesar 250 persen. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa 100 persen dari jaringan yang dianalisis terdapat lalu lintas ke situs yang terjangkit malware.

Sebuah studi baru dari PwC juga mengungkapkan, organisasi kelas menengah telah mengalami peningkatan serangan cyber security hingga 64 persen di tahun 2014. Artinya, persentase tersebut hampir sama besarnya dengan potensi serangan keamanan terhadap organisasi besar.

Penyebabnya sederhana, yaitu mengandalkan platform keamanan yang tergolong berusia tua dan sudah ketinggalan. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh serangan-serangan keamanan yang sifatnya baru untuk masuk dengan mudah.

Sebagai bentuk kepedulian akan hal tersebut, Cisco hari ini telah meluncurkan Cisco ASA with FirePOWER Services model terbaru. Produk ini merupakan next-generation firewall (NGFW) pertama dan tambahan dari portofolio AMP Threat Grid untuk Cisco Advanced Malware Protection (AMP).

"Banyak organisasi, perusahaan, bahkan pemerintahan di Indonesia telah menyadari akan pentingnya keamanan cyber. Namun, hanya dengan menambahkan firewall atau memperkuat infrastruktur di back-end tidaklah cukup," ujar Sancoyo Setiabudi selaku Country Manager Cisco Indonesia.

Cisco ASA with FirePOWER Services hadirkan threat-focused next-generation firewall (NGFW) pertama dengan mengkombinasikan kapabilitas stateful firewall, Application Visibility and Control (AVC), Advanced Malware Protection (AMP), dan Next-Generation Intrusion Prevention Capabilities (NGIPS) dalam satu perangkat.

Fungsi utama dari produk terbaru Cisco ini adalah menawarkan perlindungan malware untuk perusahaan skala menengah, namun dengan tingkat keamanan yang sama dengan yang digunakan oleh organisasi skala besar.

Untuk saat ini, Cisco ASA with FirePOWER Services tersedia ke dalam empat varian. Di antaranya adalah:

  1. 5506-X: Desktop threat centric NGFW untuk rumah, kantor skala kecil, dan juga UKM
  2. 5506W-X: Desktop threat centric NGFW dengan wireless access point
  3. 5506H-X: Ruggedized threat centric NGFW untuk lingkungan industri
  4. 5508-X dan 5526-X 1RU threat centric NGFW untuk kantor cabang dan bisnis kelas menengah

Sedangkan untuk harga, Cisco menawarkan mulai dari US $995 atau sekitar Rp. 13 juta. Harga tersebut sudah termasuk dengan perangkat dan sistem manajemen Cisco ASA with FirePOWER Services.

(brl/red)