CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 25 Januari 2016 17:00

Bikin bingung, warnet ini gunakan keyboard AZERTY bukan QWERTY

Banyak orang yang kebingungan menggunakan keyboard AZERTY.

Bikin bingung, warnet ini gunakan keyboard AZERTY bukan QWERTY

Techno.id - Jika Anda merasa memiliki kecepatan mengetik lebih cepat dari yang lain, mungkin Anda akan berubah pikiran setelah mengetik dengan keyboard di warnet ini. Ya, beberapa warnet di Perancis menyediakan keyboard yang tak biasa. Keyboard di sana tidak menggunakan standar QWERTY, melainkan AZERTY.

Hal ini membuat warga Perancis kebingungan dan frustasi. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan perubahan standar keyboard tersebut. Bagaimana tidak, tombol yang biasa tersemat manis di keyboard QWERTY, kini telah berpindah-pindah tak tentu arah, seperti yang dilaporkan oleh ArsTechnica (25/01/2016).

Menanggapi masalah yang dialami warganya, Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Perancis mulai angkat bicara. Menurut mereka perubahan keyboard tersebut memang sengaja dijalankan untuk memulai proyek terbuka pengembangan keyboard model baru. Bahkan, keyboard terbaru ini telah dilengkapi dengan huruf aksen Perancis.

Sebenarnya, perubahan tombol keyboard ini ditujukan agar warga Perancis lebih mudah dalam mengetik. Pasalnya, zaman dulu warga Perancis telah menggunakan mesi ketik dengan tombol AZERTY. Dengan begitu, jika keyboard tersebut dikembalikan ke model lama, tentunya bisa mempermudah cara mengetik sekaligus menghormati penulisan Perancis.

Meski tujuannya baik, warga Perancis yang terbiasa dengan keyboard QWERTY menjadi kesusahan. Mereka harus belajar mengetik dari awal lagi. Terkait masalah ini, Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Perancis menyarankan warganya untuk menggunakan software AutoCorrect agar kesalahan mengetik bisa diminimalisir.

WHAT TO READ NEXT ?