CONNECT WITH US
Erick |
 22 Desember 2015 16:00

Begini cara hilangkan data dalam hard drive untuk selamanya

Biasanya, hard drive yang dianggap rusak akan dibuang begitu saja. Apakah data yang terdapat di dalam piranti rusak tersebut benar-benar hilang?

Begini cara hilangkan data dalam hard drive untuk selamanya

Techno.id - Berapa banyak data pribadi yang Anda simpan dalam sebuah hard drive? Berapa banyak hard drive yang tak lagi digunakan karena dianggap rusak? Apakah Anda membuangnya begitu saja? Apakah Anda yakin tak ada orang yang memungutnya dan mengambil data yang Anda pikir sudah tak dapat diakses tersebut?

Apapun bahannya dan seberapa pun besarnya, hard drive memiliki kemampuan yang sama yaitu menyimpan data. Terkadang piranti ini dianggap rusak oleh pemiliknya saat ia tak bisa lagi mengakses data yang terdapat di dalam hard drive. Sebelum Anda memutuskan untuk membuang hard drive rusak tersebut, apakah Anda yakin bahwa data yang tersimpan di dalamnya takkan disalahgunakan oleh orang lain?

Seperti yang telah diberitakan oleh Scientific American pada hari Jumat (18/12/15) lalu, data yang tersimpan dalam platter hard drive bisa diambil kembali meski piranti tersebut telah rusak. Biasanya, air menjadi penyebab rusaknya perangkat ini.


Platter Hard Drive
© 2015 blog.superuser.com/blog.superuser.com

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, air hanyalah merusakkan bagian elektroniknya saja karena telah terjadi hubungan pendek. Data yang Anda simpan di dalamnya, tentu takkan hilang hanya karena arus pendek yang disebabkan oleh air tersebut.

Setelah dikeringkan, data yang ada di dalam platter hard drive rusak tersebut masih bisa di-recovery menggunakan hardware dan software lain. Nah, jika berniat membuangnya, bagaimana cara untuk membuat data yang tersimpan benar-benar hilang tak berbekas?

Gleb Budman, CEO dan co-founder Backblaze mengatakan bahwa untuk melenyapkan data yang ada di dalamnya adalah dengan bantuan magnet. Cukup dekatkan magnet berkekuatan besar, dan data-data yang tersimpan dalam hard drive rusak tersebut akan hilang selamanya.

Bagaimana dengan hard drive yang tidak terbuat dari bahan logam? Beberapa platter hard drive laptop terbuat dari bahan kaca. Jika memang bahannya kaca, cukup pecahkan saja, maka data yang ada di dalamnya juga akan hilang untuk selamanya. Selamat mencoba!

 

WHAT TO READ NEXT ?