CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 22 Februari 2016 20:58

Apa yang istimewa dari spesifikasi Sony Xperia X series?

Xperia XA mendapat perlakukan berbeda dibandingkan Xperia X dan Xperia X Performance.

Apa yang istimewa dari spesifikasi Sony Xperia X series?

Techno.id - Hari ini, gelaran MWC 2016 dimeriahkan oleh tiga smartphone terbaru Sony Xperia X series. Ya, Sony memang tidak memperkenalkan Xperia Z6 melainkan langsung memperkenalkan tiga smartphone baru sekaligus yang dikenal dengan nama Xperia XA, Xperia X, dan Xperia X Performance.

Ketiga smartphone ini mengadopsi ukuran layar yang sama yakni 5 inci. Namun, resolusi layarnya berbeda. Untuk Sony Xperia X dan Xperia X Performance mengadopsi layar beresolusi Full HD (1080 x 1920 piksel), sementara Xperia XA hanya menggunakan layar HD (720 x 1280 piksel).

Tak hanya bagian layar saja, Xperia XA sepertinya juga mendapat spesifikasi yang lebih rendah dari dua saudaranya yang lain. Jika Xperia X dan Xperia X Performance telah mendapat prosesor Snapdragon 820, maka Xperia XA dibekali prosesor MediaTek MT6755, seperti yang disadur dari GSMArena (22/2/2016).

Begitu pula untuk fitur fotografi, Xperia XA hanya dibekali kamera utama beresolusi 13MP dan kamera depan 8MP. Sementara, Xperia X dan Xperia X Performance mendapatkan fitur pengambilan gambar yang lebih baik, yaitu kamera belakang 23MP dan kamera selfie 13MP. Selain itu, bagian kamera utamanya, disematkan fitur Sony Predictive Hybrid Autofocus serta perekaman video 4K.

Bagian ruang penyimpanan juga tak beda jauh, Xperia XA tetap mendapat perlakuan tak sama dari dua saudaranya. Untuk RAM, Xperia XA mengandalkan RAM berkapasitas 2GB, sedangkan Xperia X dan Xperia X Performance mendapat RAM lebih besar, yaitu 3GB.

Memori internalnya juga demikian, Xperia XA hanya mengusung memori internal 16GB, sedangkan Xperia X dan Xperia X Performance menyematkan memori internal 32 GB (Xperia X versi dual SIM menggunakan memori internal 64GB). Kendati demikian, ketiganya tetap mendapat dukungan slot microSD untuk memperluas penyimpanannya.

Persamaan lain yang dimiliki oleh ketiga Sony Xperia X series ini adalah sistem operasi. Nantinya, ketiga smartphone ini akan berjalan pada Android 6.0 Marshmallow. Namun, di balik kesamaan mereka bertiga, ternyata ketiganya juga memiliki perbedaan masing-masing, terutama pada sektor baterai. Xperia XA didukung baterai berkapasitas 2.300mAh, Xperia X 2.630mAh, dan Xperia X Performance 2.700mAh.

WHAT TO READ NEXT ?