Analis prediksi tombol "Home" di iPhone 7 akan dihilangkan

Analis prediksi tombol "Home" di iPhone 7 akan dihilangkan

Techno.id - Sejak iPhone generasi pertama (2007) hingga iPhone 6s dan iPhone 6s Plus (2015) dirilis, Apple selalu mempertahankan tombol "Home" sebagai satu-satunya navigasi utama yang berbentuk fisik. Seiring berjalannya waktu, tombol ini pun menjadi dikenal sebagai salah satu ciri khas yang hanya dimiliki dari sebuah handset iPhone.

Yang jadi pertanyaan, apakah Apple tidak pernah berencana untuk mengubah tombol tersebut menjadi sesuatu yang baru? Menjawab persoalan tersebut, bagi seorang analis bernama Gene Munster dari Piper Jaffray, jawabannya bisa 50 persen tetap dan 50 persen menghilang, khususnya di iPhone generasi penerus 6s dan 6s Plus.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (20/10), menurut Munster, prediksi analisis pasar yang dilakukannya bisa jadi akan membuat Apple mulai menghilangkan tombol khas itu di iPhone generasi baru. Namun, ia juga tak menampik jika peluang tombol "Home" tersebut nantinya akan tetap ada dengan peluang yang sama besar.

Menurut Munster, ada tiga alasan mengapa tombol "Home" di iPhone generasi baru berkemungkinan untuk menghilang. Pertama, Apple memiliki waktu satu tahun penuh jika ingin memodifikasi iPhone, khususnya dari sisi desain maupun fungsional ke dalam sebuah konsep yang benar-benar baru.

Kedua, adalah fitur baru 3D Touch. Menurut Munster, Apple sebenarnya dapat dengan mudah mengintegrasikan fitur canggih tersebut dengan tombol "Home" itu sendiri. Pada akhirnya, tombol navigasi tersebut dapat dihilangkan dan layar iPhone dapat diperluas berikut desain yang lebih tipis.

Lalu, bagaimana dengan fitur keamanan fingerprint scanner (pemindai sidik jari) pada tombol "Home" yang sudah diaplikasikan sejak iPhone 5s? Munster mengatakan, Apple sejatinya juga dapat dengan mudah mengubah posisinya ke samping handset seperti yang dilakukan di beberapa handset Android.

Jadi, apakah Anda setuju dengan analisa Munster?

(brl/red)