Alat ini mampu temukan semua benda yang hilang

Alat ini mampu temukan semua benda yang hilang

Techno.id - Apakah Anda pernah frustasi karena kesulitan mencari sebuah benda? Bila iya, Anda bisa mengatasinya dengan mengingat semua benda yang ada di sekitar Anda. Seperti halnya kunci, jika tak ingin kesulitan mencari kunci maka letakkan kunci di tempat yang sudah Anda sediakan. Biasakan menaruh kunci di tempat tersebut setiap hari. Namun, jika Anda merupakan tipe orang yang mudah lupa atau suka menaruh barang di sembarang tempat, mungkin Anda memerlukan sebuah alat yang dapat mencarikannya untuk Anda.

Ya, alat berbentuk kotak mirip gantungan kunci ini dinamakan Tile. Alat ini ditugaskan untuk membantu Anda yang sering lupa menaruh sebuah barang. Bila Anda menggunakan Tile dalam kegiatan sehari-hari, Anda tidak akan kebingungan lagi mencari benda-benda yang sering terlupakan.

Alat ini mampu temukan semua benda yang hilang

Benda yang biasanya sering terlupa atau hilang adalah kunci. Agar tak mudah hilang, Anda bisa menjadikan Tile sebuah gantungan kunci. Ketika Anda lupa menaruh kunci tersebut, maka Tile akan memberikan notifikasi pada smartphone. Alat yang mungil ini juga bisa mengeluarkan suara agar pengguna bisa menemukan kunci dengan mencari sumber suaranya.

Tile bisa terhubung dengan smartphone melalui sambungan bluetooth 4.0. Saat Anda kehilangan sebuah benda, maka aplikasi Tile pada smartphone akan melacak sinyal bluetooth dari Tile. Jika, jarak keduanya sudah dekat maka aplikasi di smartphone akan menampilkan sebuah tanda bahwa Anda sudah cukup dekat dengan benda yang Anda cari.

Alat ini mampu temukan semua benda yang hilang

Walaupun alat ini bisa mencari lokasi barang Anda yang hilang, namun Tile sebenarnya tidak memiliki fungsi GPS. Jadi, Tile mampu menemukan sebuah benda dengan cara merekam tempat terakhir Tile yang terlihat di aplikasi.

Beberapa pengguna yang telah mencoba alat ini menyatakan puas dengan kinerjanya. Mereka mengatakan bahwa Tile begitu simpel dan anti air. Selain itu, baterai Tile tahan lama hingga satu tahun. Namun, ada pula pengguna yang mengeluhkan suara dari Tile ini. Pasalnya, lantunan suara yang dikeluarkan Tile hanya terdengar samar-samar dan tidak jelas sehingga menyulitkan pencarian benda yang hilang.

Sementara ini, aplikasi Tile dapat dijalankan pada perangkat Android dan iOS. Anda bisa membawa Tile pulang dengan biaya sekitar Rp 2,3 juta. Namun, harganya akan menjadi lebih murah bila Anda membeli Tile dengan jumlah lebih banyak. Bahkan, Amazon menawarkan diskon hingga 40 persen untuk pembelian Tile sebanyak 12 buah.

(brl/red)