CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 1 Januari 2016 19:00

Alat ini buat bayi dapat melakukan lip sync di dalam perut

Alat yang disematkan dalam alat vital ini bantu seorang bayi 'menyanyi' di dalam perut.

Alat ini buat bayi dapat melakukan lip sync di dalam perut

Techno.id - Musik memiliki banyak manfaat bagi manusia, termasuk bertindak sebagai stimulus yang dapat merangsang perkembangan otak bayi. Bila sebelumnya, kebanyakan orang tua memutar alunan musik di sekitar perut sang ibu, kini proses itu bisa dilakukan di dalam alat vital ibu.

Sebuah penelitian terbaru dari klinik Ginekologi Barcelona Institut Marques telah menemukan bahwa janin berusia 16 minggu sudah dapat mendeteksi suara. Terlebih, terdapat penemuan baru yang mengatakan bahwa orang tua yang memainkan musik di luar perut ibu itu ternyata tidak terlalu berpengaruh pada sang bayi.

Musik yang diputar di luar perut memiliki intensitas suara 98,6 desibel yang setara dengan suara mesin pemotong rumput dan bayi tidak menunjukkan reaksi atas suara tersebut karena terdapat lapisan dinding perut yang menghalangi jalan masuknya musik. Berbeda dengan alat pemutar musik Babypod yang disematkan di dalam alat vital sang ibu.

Babypod memutar lagu dengan intensitas suara 54 desibel yang setara dengan volume percakapan saat berbisik atau musik ambient. Selain itu, suara dari Babypod akan mencapai bayi tanpa adanya distorsi dan bisa didengar lebih jelas.

Ketika Babypod memainkan sebuah lagu, maka bayi akan bereaksi dengan membuka mulut dan menjulurkan lidahnya seperti sedang melakukan lip sync. Ini sungguh luar biasa, karena sesekali bayi juga akan menendang yang menunjukkan bahwa bayi dapat mendengar alunan lagu dari Babypod. Reaksi ini berbeda-beda pada setiap bayi, tergantung dengan jenis musik yang diputar.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa Babypod sangat aman. Pasalnya, Babypod terbuat dari silikon yang tidak mengiritasi kulit, tidak merusak pendengaran bayi, dan emisi getaran gelombang suara di alat vital tak mempunyai efek buruk pada janin. Di samping itu, Babypod tidak menggunakan baterai, bluetooth atau frekuensi radio.

WHAT TO READ NEXT ?