CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 31 Januari 2016 17:00

8 Shortcut keyboard yang wajib pengguna Mac ketahui

Apa saja shortcut keyboard tersebut?

8 Shortcut keyboard yang wajib pengguna Mac ketahui

Techno.id - Sebagaimana diketahui, tiap-tiap pabrikan PC atau laptop pasti akan mencantumkan fitur shortcut keyboard pada masing-masing produknya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna produk buatannya mengakses beberapa fitur atau melakukan perintah tertentu, semisal melakukan pencarian suatu file.

Apple pun demikian. Raksasa Cupertino tersebut juga diketahui membekali sejumlah shortcut keyboard pada perangkat yang menggunakan Mac OS. Perintah-perintah shortcut keyboard yang disediakan oleh Apple pada perangkat pendukung Mac OS itu kabarnya bakal membuat pengguna mudah mengakses suatu fitur maupun perintah tertentu.

Nah, dari sekian banyak shortcut yang dihadirkan di Mac OS, berikut Techno.id menyajikan 8 diantara shortcut keyboard yang dianggap paling penting dan wajib Anda pengguna perangkat berbasis Mac OS ketahui.

⌘ + Space

Shortcut keyboard ini dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan dan juga mengkonversi mata uang. Nah, pada versi terbaru OS X, shortcut ini dapat digunakan untuk melakukan perintah pencarian web atau memunculkan Spotlight.

⌘ + F

Shortcut keyboard ini dapat digunakan untuk menemukan kata-kata dalam sebuah dokumen atau artikel. Semisal, menemukan kata "Techno.id" pada sebuah artikel yang terpampang di browser Safari.

Perintah ini dapat digunakan untuk mencari kata-kata di Pages, Safari, Chrome, Word, dan dokumen atau file lainnya.

⌘ + W

Perintah shortcut keyboard ini dapat digunakan untuk menutup jendela aplikasi dengan cepat. Ketimbang repot-repot mengarahkan kursor ke bagian silang merah yang biasanya ada di pojok kanan atas, menekan kombinasi perintah ini dapat memudahkan pekerjaan Anda.

⌘ + ⌥ + Esc

Perintah shortcut keyboard ini dapat Anda gunakan untuk memperbaiki aplikasi berjalan yang sedang crash dengan cepat dan mudah. Shortcut ini akan membuka menu dan menunjukkan kepada Anda semua aplikasi yang terindikasi crash atau "Not Responding".

^ + Tab

Nah, perintah shortcut ini bisa Anda gunakan untuk mengubah tab baik pada browser Safari, Chrome, maupun web browser lainnya.

⌘ + ~

Perintah ini bisa digunakan untuk membuka beberapa Windows atau jendela pada satu aplikasi yang sama. Selain itu, shortcut keyboard ini juga akan memudahkan Anda beralih dari satu Windows ke Windows lainnya dari aplikasi yang sama dengan cepat dan mudah.

⌘ + H

Perintah ini dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan suatu aplikasi yang terbuka. Jadi, ketika Anda menekan kombinasi perintah keyboard ini maka secara otomatis aplikasi yang terbuka akan langsung hilang.

⌘ + ⇧ + 3

Jika Anda membutuhkan screenshot dari hal yang Anda kerjakan di perangkat Mac, maka shortcut keyboard berikut ini akan sangat membantu. Tekan kombinasi keyboard berikut, maka secara otomatis perangkat Mac akan men-screenshot tampilan pada layar.

 

WHAT TO READ NEXT ?