4 Langkah mudah tingkatkan performa Lenovo A6000

4 Langkah mudah tingkatkan performa Lenovo A6000

Techno.id - A6000 adalah salah satu ponsel pintar terbaik yang pernah diproduksi oleh Lenovo. Selain karena harganya yang terjangkau, ponsel pintar satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur atau spesifikasi yang cukup baik seperti prosesor quad-core 1,2Ghz Qualcomm Snapdragon 410 dan RAM 2GB.

Kendati mengusung fitur atau spesifikasi yang cukup mumpuni, Lenovo A6000 nyatanya tak jauh dari masalah klasik ponsel pintar berbasis Android lainnya. Ya, Lenovo A6000 diketahui memiliki kinerja yang cukup lambat saat telah lama digunakan terlebih saat pengguna menginstal terlalu banyak aplikasi di ponsel pintar sehingga barang tentu hal tersebut mengganggu performa.

Nah, di artikel kali ini Techno.id akan memberikan tips yang terdiri dari empat langkah untuk meningkatkan performa Lenovo A6000 seperti dikutip dari PhoneRadar (7/3/16).

Bersihkan partisi Cache

Langkah pertama untuk meningkatkan performa Lenovo A6000 milik Anda adalah dengan membersihkan partisi cache. Langkah ini diklaim dapat membantu Lenovo A6000 jadi lebih cepat seperti pertama kali Anda membelinya, meski pun tak bisa dihindari cara ini cukup berisiko karena jika tak hati-hati bisa jadi ponsel kesayangan Anda tersebut makin rusak.

Nah, untuk melakukan pembersihan partisi Cache Anda hanya perlu mematikan ponsel pintar Anda dan tekan tombol volume bagian bawah dengan tombol power secara bersamaan. Setelah itu, pilih opsi menghapus partisi Cache dengan menavigasi tombol volume dan mengonfirmasinya dengan tombol power.

Jika partisi Cache sudah dilakukan, Lenovo A6000 akan reboot dan sekarang perangkat akan bekerja jauh lebih cepat ketimbang sebelum Anda melakukan langkah ini.

Bersihkan Apps Cache

Kebiasaan pengguna pasti akan mengisi ponsel pintarnya dengan banyak aplikasi. Nah, banyak aplikasi yang terinstal diketahui dapat memperlambat kinerja ponsel pintar.

Hal ini dikarenakan cache dari aplikasi bisa disimpan di setiap aplikasi yang terbuka dan secara tidak langsung memengaruhi ruang penyimpanan dan kinerja perangkat. Untuk itu, membersihkan cahce pada aplikasi satu persatu adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Cara untuk membersihkan Apps Cache adalah dengan membuka menu Apps Manager di perangkat Lenovo A6000. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya dan tekan pada tombol Clear Cache maka secara otomatis cache pada aplikasi akan terhapus.

(brl/red)